Adu Biaya Pendidikan Almira Anak AHY vs Anak Kembar Komeng: Siapa Paling Mahal?
Potret tinggi Almira Yudhoyono. (Instagram/@annisayudhoyono)
16:12
21 Februari 2024

Adu Biaya Pendidikan Almira Anak AHY vs Anak Kembar Komeng: Siapa Paling Mahal?

Almira Tunggaldewi Yudhoyono hari ini, Rabu (28/2) ikut ke Istana Negara Jakarta bersama ibunya, Annisa Pohan untuk mengikuti pelantikan sang ayah, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Menteri ATR/BPN.

Almira tampak kompak dengan sang ibu kenakan kebaya warna biru. Kecantikan putri sulung AHY dan Annisa Pohan itu pun jadi sorotan publik.

Tak hanya berparas cantik seperti sang ibu, remaja 15 tahun itu juga memiliki prestasi akademik yang patut diancungi jempol. Pada usia masih 8 tahun, Almira yang bersekolah di Sinarmas World Academy (SWA) mampu mengukir prestasi tersendiri.

Almira mengikuti Japan International Science and Mathematics Olimpiads. Tak hanya sekedar ikut, Almira juga meraih penghargaan di ajang olimpiade itu untuk kategori 'Sapphire'.

Penghargaan ini pun mendapat pujian dari sang ibu. Annisa Pohan memang patut berbangga, bagaimana tidak ajang tersebut baru pertama diikuti putrinya.

"Bangga sekali ketika untuk pertama kalinya Anakku, Almira ikut Olimpiade Science dan berhasil mendapatkan medali sapphire. Untuk pemula, ini adalah awal yang mengagumkan sayang! Teruslah belajar! #proudmama #myeverything," tulis Annisa Pohan di postingan tertanggal 28 November 2016.

Bicara soal sekolah Almira yakni Sinarmas World Academy, sekolah internasionaln ini ternyata memiliki biaya cukup fantastis. Malah boleh dibilang biaya sekolah Almira jika dibandingkan dengan biaya sekolah dua anak kembar Komeng, calon DPD RI hampir setara.

Mari kita bahas satu persatu soal biaya sekolah Almira vs dua anak kembar Komeng

Biaya sekolah di SWA

Dikutip dari laporan Antara, biaya untuk sekolah di Sinarmas World Academy terbilang cukup fantastis.

Total biaya pendidikan untuk kelas 1-4 yang dipungut sekolah per tahun mencapai Rp80 juta, kelas 5-6 sebesar Rp82 juta per tahun dan kelas 7-10 (SMP) 89 juta per tahun.

"Tapi jika anak Anda masuk pada tahun ini, kami akan memberi diskon Rp11,2 juta di setiap level. Jadi jika anak Anda masuk kelas 5, pada tahun pertama Anda 'hanya' perlu membayar Rp69,9 juta dan pada tahun kedua Rp69,9 juta juga," kata seorang marketing Sinarmas.

SWA dibuka pada Juli 2008 dan angkatan pertama kelas 12 yang lulus adalah pada bulan Juni 2012. SWA mempersiapkan setiap siswa kesuksesan akademis melalui pengembangan pendekatan pembelajaran era abad 21.

SWA menawarkan pendidikan Early Years Foundation Stage (EYFS) menggunakan kurikulum dari UK yang akan membantu mengembangkan siswa secara fisik, intelektual, emosional dan sosial.

Dimulai dari TK 2 sampai kelas 4, Swa bekerjasama menggunakan kurikulum Cambridge dalam kerangka metode pembelajaran berbasis inquiry.

SWA juga memiliki hubungan eksklusif dan program pertukaran pelajar dengan Peking University Elementary School dan institusi lainnya di Korea dan Jepang.

Selain itu, di kelas 6 hingga 10, SWA mengintegrasikan kurikulum Cambridge Assessment International Educations (CAIE) dengan kerangka kurikulum International Baccalaureate Middle Years Programme (IB MYP), demi kebutuhan nasional dan identitas budaya sekolah di Asia.

Dengan biaya sekolah yang cukup mahal itu, fasilitas di SWA untuk peserta didik juga tidak main-main. Di SWA terdapat fasilitas kolam renang, peaca park, gedung teater, fitness centre, teater ruang terbuka, kafetaria, studio musik serta menari hingga lab makanan.

Biaya sekolah anak kembar Komeng

Sementara itu, pelawak Komeng yang segera dilantik menjadi anggota DPD Jawa Barat juga harus merogoh kocek dalam-dalam untuk biaya sekolah dua anak kembarnya, Ganteng Maritza Aldi dan Bagus Athallah Aldi.

Ditelusuri lebih jauh, Babag dan Gaga yang merupakan nama panggilan kedua anak kembar Komeng, bersekolah di SMA International Islamic High School. Dikutip dari laman resminya, sekolah ini berlokasi di kawasan Lippo Cikarang - Bekasi, Jawa Barat.

Sekolah ini menggunakan sistem pendidikan dengan satuan kredit semester (SKS) seperti kuliah. SMA IIHS berjalan dengan berbasis pada 5 pilar kurikulum yang dirancang sebaik mungkin dan terintegrasi menjadi satu kesatuan tak terpisahkan, sehingga sekolah ini dapat menjadi sekolah kehidupan untuk para anak didiknya.

Dengan jaminan pendidikan semumpuni itu, berapa biaya yang mesti dibayarkan untuk sekolah di SMA IIHS seperti anak kembar Komeng?

Dilihat di laman resminya, anak didik yang hendak mendaftar di SMA IIHS diharuskan membayar formulir pendaftaran sebesar Rp2 juta. Setelah membayar, baru siswa bisa mengisi formulir pendaftaran dan mengikuti tes online.

Sedangkan untuk detail biaya sekolahnya tidak tersedia secara bebas. Namun merujuk pada pengakuan Dewi Perssik yang juga wali murid dari salah satu anak didik di SMA IIHS, biaya sekolah dalam setahun bisa mencapai Rp1 miliar!

Ha ini pernah terungkap di salah satu konten Dewi Perssik bersama sang anak Gabriele Feliece yang akrab disapa Gegeb pada tahun 2020 silam. Kala itu Depe pernah marah besar karena Gegeb dikabarkan tidak lulus seleksi sekolah internasional.

Editor: Galih Prasetyo

Tag:  #biaya #pendidikan #almira #anak #anak #kembar #komeng #siapa #paling #mahal

KOMENTAR