Mayor Teddy Tanggalkan Jabatan Wakil Komandan Yonif Para Raider 328/Dirgahayu Setelah Jadi Seskab di Kabinet Merah Putih
Mayor Teddy Indra Wijaya memberikan hormat kepada Presiden Prabowo Subianto saat pengumuman jajaran menteri Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2024). (Fedrik Tarigan/ Jawa Pos)
14:24
21 Oktober 2024

Mayor Teddy Tanggalkan Jabatan Wakil Komandan Yonif Para Raider 328/Dirgahayu Setelah Jadi Seskab di Kabinet Merah Putih

- Dalam pengumuman Kabinet Merah Putih pada Minggu malam (20/10), Presiden Prabowo Subianto menyampaikan bahwa Mayor Teddy Indra Wijaya menjadi Sekretaris Kabinet yang berisikan puluhan menteri dan kepala lembaga setingkat menteri. Pengumuman itu sempat mengundang perhatian publik. Pada Senin (21/10) Mabes TNI AD (Mabes) memberikan penjelaskan mengenai posisi tersebut.

Sebelum menjadi Sekretaris Kabinet, Mayor Teddy merupakan ajudan menteri pertahanan (Menhan) sejak Prabowo menjabat. Posisi itu tetap melekat sampai Teddy dijadikan wakil komandan Batalyon Infanteri Para Raider 328/Dirgahayu.

Mayor Teddy tampak hadir dalam berbagai momen dan kunjungan kerja Prabowo. Kini, setelah resmi menjadi Presiden, Prabowo menjadikan Teddy sebagai Sekretaris Kabinet. Posisi yang luar biasa strategis.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD (Kadispenad) Brigjen TNI Wahyu Yudhayana menyampaikan bahwa pihaknya telah mengonfirmasi hal itu kepada Sekretariat Militer Presiden (Sesmilpres).

”Setelah saya konfirmasi ke Setmilpres, Seskab (Sekretaris Kabinet) itu tidak setingkat menteri. Strukturnya di bawah Kemensetneg (Kementerian Sekretariat Negara). Jabatan Seskab itu bisa dijabat TNI aktif termasuk eselon II maksimal pangkat tertinggi Brigjen,” imbuhnya.

Oleh karena itu, Mayor Teddy bisa menduduki jabatan tersebut. Sebab, Teddy adalah perwira menengah dengan pangkat Mayor.

”Pamen (perwira menengah) bisa menjabat di situ, sebagai perwira TNI aktif penugasan diluar struktur,” kata Wahyu.

Jenderal bintang satu Angkatan Darat itu pun memastikan bahwa Mayor Teddy tidak akan menempati dua jabatan sekaligus. Jabatan terakhirnya sebagai Wakil Komandan Batalyon akan diserahkan kepada perwira menengah lainnya.

”Kalau sudah penugasan di Seskab, berarti sudah penugasan di luar struktur. Tentu nanti akan ada serah terima jabatan organiknya,” terang Wahyu.

Lantaran sudah bertugas di luar struktur dan organisasi TNI AD, urusan pendapatan serta fasilitas yang diterima oleh Teddy juga akan mengikuti dengan ketentuan di tempatnya bertugas. Yakni sebagai Sekretaris Kabinet yang berada di bawah Kemensetneg. Yang jelas, Teddy tetap berstatus sebagai perwira TNI aktif dengan pangkat Mayor.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #mayor #teddy #tanggalkan #jabatan #wakil #komandan #yonif #para #raider #328dirgahayu #setelah #jadi #seskab #kabinet #merah #putih

KOMENTAR