Penampakan Jokowi Pulang Kampung ke Solo Dikawal 8 Jet Tempur, F16 hingga Sukhoi
Penampakan pesawat Boeing 737-800 dengan nomor register A-7309 milik TNI Angkatan Udara (AU) yang ditumpangi Presiden RI ke-7 Joko Widodo (Jokowi) dan Iriana Jokowi dikawal delapan pesawat tempur terbang dari Jakarta ke Solo, Jawa Tengah, Minggu (20/10/2024). 
06:47
21 Oktober 2024

Penampakan Jokowi Pulang Kampung ke Solo Dikawal 8 Jet Tempur, F16 hingga Sukhoi

- Usai purnatugas sebagai Presiden RI, Joko Widodo pulang kampung dari Jakarta ke Solo, Jawa Tengah, melalui Lanud Halim Perdanakusuma pada Minggu (20/10/2024) siang.

Kepulangan Jokowi ke Solo didampingi istri, Iriana Jokowi, menggunakan pesawat Boeing 737-800 dan mendapat pengawalan ketat dari delapan pesawat jet tempur TNI Angkatan Udara.

Jokowi dan Iriana bertolak ke Solo setelah mengikuti pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI di Gedung MPR/DPR RI serta acara perpisahan di Istana Kepresidenan Jakarta.

Presiden Prabowo Subianto mengantarkan langsung Jokowi dari Istana Kepresidenan ke Lanud Halim Perdanakusuma, menggunakan mobil MV3 Garuda Limousine alias Maung Garuda wwarna putih buatan PT Pindad.

Sebelum itu, para Menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) periode Jokowi juga sudah berkumpul di ruangan VVIP menunggu kedatangan dua tokoh bangsa tersebut.

Terlihat ada Mendagri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas.

Terlihat juga Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin, Menparekraf Sandiaga Uno, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Karasasmita, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Bappenas Surharso Monoarfa, Menkumham Supratman Andi Agtas, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono.


Selanjutnya ada juga Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, KSAD Jenderal Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana Muhammad Ali, dan KSAU M Tonny Harjono.

Selain para menteri kabinet, sanak keluarga Jokowi yakni putra bungsunya Kaesang Pangarep, putri keduanya Kahiyang Ayu dan suami Kahiyang Bobby Nasution juga ikut menemani Jokowi dan Iriana Jokowi menaiki pesawat Boeing 737-800 milik TNI AU.

Sebelum itu, terlihat pula atraksi pesawat tempur melakukan flypass mengitari langit Lanud Halim Perdanakusuma.

Selanjutnya, para menteri ini terlihat membuat dua barisan dengan posisi bagian tengah dikosongkan untuk Jokowi dan Iriana berjalan. Tampak juga karpet merah sudah digelar untuk Jokowi di tengah panasnya sinar matahari.

Jokowi pun sempat memberikan keterangan kepada awak media yang sudah menunggu untuk membahas ada tugas negara yang amat besar yang akan tidak bisa dikerjakan seluruhnya.

"Oleh sebab itu saya sampaikan kepada bapak presiden (Prabowo) Saya serahkan seutuhnya impian, harapan cita-cita besar, dari 248.000.000 rakyat Indonesia pada bapak presiden Jenderal Purnawirawan Prabowo Subianto dan semoga beliau diberikan kekuatan untuk memimpin negara yang sangat besar ini," pesan Jokowi untuk Prabowo.

Setelah itu, terlihat pula Jokowi dan Iriana menyalami para menteri-menterinya tersebut sebelum akhirnya naik melalui tangga untuk masuk ke dalam pesawat.

Saat itu, Jokowi dan Iriana pun masih sempat membalikkan badannya untuk melambaikan tangan dan menundukkan badannya sebagai tanda perpisahan.

Tak lama kemudian, pesawat tersebut berjalan melalui landasan pacu dan akhirnya lepas landas. Tak lama kemudian, sebuah pesawat tempur juga ikut lepas landas.

Ternyata selain flypass, pesawat tempur TNI AU ini juga melakukan escort atau pendampingan terhadap pesawat yang ditumpangi oleh Jokowi dengan membentuk sebuah barisan di belakangnya.

Momen Presiden RI ke-7, Joko Widodo (Jokowi) dan istri, Iriana hendak masuk ke pesawat untuk pulang ke kampung halamannya di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (20/10/2024). Momen Presiden RI ke-7, Joko Widodo (Jokowi) dan istri, Iriana hendak masuk ke pesawat untuk pulang ke kampung halamannya di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (20/10/2024). (Tribunnews.com/Abdi Ryanda Shakti)

Dari informasi yang diterima Tribunnews, ada delapan pesawat tempur dengan jenis berbeda yang melakukan pendampingan itu. Jika dirinci, pesawat tempur itu yakni tiga pesawat T50 Golden Eagle, empat pesawat F16 dan satu pesawat Sukhoi.

Tribunnews pun mendapat foto dari salah satu awak pesawat tempur F16, yang menampilkan pesawat yang ditumpangi Jokowi dan Iriana Jokowi dikawal delapan pesawat temput TNI AU.

"Pak Jokowi dikawal dengan pesawat tempur sebagai penghormatan selama beliau menjabat," kata Kepala Penerangan Pangkalan Udara (Lanud) Letkol Sus Heny Purwani kepada Tribunnews.

Hingga akhirnya pesawat yang ditumpangi Jokowi dan Iriana itu tiba di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah sekira pukul 16.05 WIB dengan selamat.

Setelahnya, Jokowi pun pulang ke kampung halamannya sambil menyapa warga yang sudah menunggunya.

Editor: Acos Abdul Qodir

Tag:  #penampakan #jokowi #pulang #kampung #solo #dikawal #tempur #hingga #sukhoi

KOMENTAR