Potret Cantik Megawati Soekarnoputri saat Nyoblos Era Reformasi Viral: Kok Puan Enggak Kayak Ibunya?
Presiden RI ke-5, Megawati Soekarnoputri saat muda dan menggunakn hak suaranya untuk Pemilu 1999. (TikTok/@indonesiaku_id)
12:36
19 Februari 2024

Potret Cantik Megawati Soekarnoputri saat Nyoblos Era Reformasi Viral: Kok Puan Enggak Kayak Ibunya?

Viral di media sosial momen Pemilu 1999 yang menunjukkan sejumlah tokoh dan Presiden RI tengah mencoblos saat pemungutan suara.

Ada nama-nama seperti BJ Habibie, Presiden RI kedua Soeharto, Amien Rais hingga Megawati Soekarnoputri saat muda.

Yang menarik, nama terakhir menyita perhatian netizen yang menyaksikan hari pemungutan suara di era reformasi. Megawati Soekarnoputri tak dipungkiri memiliki paras yang cantik ketika muda dulu.

Melansir TikTok @indonesiaku_id, Senin (19/2/2024), terlihat para tokoh masyarakat yang sudah memiliki jabatan di 2024 ini berparas tampan dan cantik.

"Pemilu pertama era reformasi 7 Juni 1999," tulis caption video.

Tangkapan kamera pertama langsung menyorot Megawati Soekarnoputri yang saat itu masih sangat muda. Ia tampak menunjukkan surat suara dan memasukkan ke kotak suara.

Selanjutnya beberapa tokoh seperti BJ Habibie dan istrinya, Ainun termasuk Presiden Soeharto dan juga Amin Rais tengah menggunakan hak suara mereka.

Netizen yang menyaksikan video tersebut tak mau ketinggalan dan meninggalkan jejak di kolom komentar. Beberapa di antaranya justru salah fokus ke Megawati yang saat itu belum memiliki jabatan apapun.

Sebagian memuji paras Ketum PDIP tersebut. Namun ada juga yang membandingkan wajah Megawati dengan anaknya, Puan Maharani yang kalah cantik dengan sang ibu.

"Bu Mega mudanya cantik banget ya. Puan kenapa enggak mirip Bu Mega waktu muda?" celetuk salah satu netizen.

"Bu Mega dulu kayak cici-cici ya," sebut salah satu netizen.

"Megawati kata bapak gue, kepanjangan dari Memang Gagah Wanita Indonesia," sebut salah satu netizen.

Pemilu saat reformasi memang menjadi sorotan besar bagi warga Indonesia. Pasalnya setelah kekuasaan Soeharto pada Orde Baru (Orba) runtuh, harapan baru ada di tangan PDI kala itu.

Kemenangan PDI juga menjadi langkah awal masifnya pergerakan partai berlambang kepala banteng itu di perpolitikan Indonesia.

Megawati, terpilih menjadi Presiden RI ke-5 pada 2001. Kekuasaan PDI saat itu terus meluas hingga kedatangan Demokrat yang akhirnya mengalahkan PDIP dan Ketum Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berhasil menduduki kursi presiden.

Terlepas dari paras Megawati yang lebih cantik dibanding Puan Maharani ketika muda dulu, di Pemilu 2024, PDIP masih menjadi partai tertinggi dalam perolehan suara untuk Pileg. Namun paslon nomor urut 3 yang mereka usung, Ganjar-Mahfud justru tertinggal jauh dari paslon nomor urut 1 dan 2.

Prabowo-Gibran, masih mendominasi perolehan suara dengan 58,37 persen. Sementara Anies-Muhaimin meraih 24,3 persen suara. Sedangkan Ganjar-Mahfud hanya meraih 17,29 persen suara.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #potret #cantik #megawati #soekarnoputri #saat #nyoblos #reformasi #viral #puan #enggak #kayak #ibunya

KOMENTAR