Kapolri Sigit dan Panglima TNI Kawal Kepulangan Jokowi ke Solo Usai Pelantikan Prabowo-Gibran
Presiden ke-7 RI Joko Widodo membagikan kaos kepada masyarakat yang menunggunya sejak siang di kawasan Lanud Adi Soemarmo, Boyolali, Minggu (20/10/2024). (MAULIDA AFIFAH/RADAR SOLO)
21:16
20 Oktober 2024

Kapolri Sigit dan Panglima TNI Kawal Kepulangan Jokowi ke Solo Usai Pelantikan Prabowo-Gibran

- Hari ini, Minggu (20/10), rakyat Indonesia menjadi saksi pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029 di Sidang MPR.

Setelah acara pelantikan di Gedung MPR, agenda berlanjut dengan upacara pisah sambut di Istana Negara. Dalam upacara tersebut, mantan Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi menyerahkan tugas dan kewenangannya kepada Presiden baru, Prabowo Subianto.

Usai peralihan ini, Jokowi memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya di Solo, Jawa Tengah melalui bandar Halim Perdanakusuma, Jakarta. Atas instruksi langsung dari Presiden Prabowo, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mendapat tugas mengawal kepulangan Jokowi ke Solo.

Mereka memastikan perjalanan kepulangan Presiden ke-7 RI itu berjalan aman dan lancar. "Alhamdulillah, sesuai perintah Pak Presiden Prabowo Subianto untuk menjaga, mengawal, dan memastikan semua kegiatan berjalan dengan baik, semuanya telah selesai. Alhamdulillah, saat ini saya dan Panglima segera kembali ke Jakarta," ungkap Kapolri Sigit saat berada di kediaman Jokowi di Solo.

Kapolri menambahkan bahwa seluruh rangkaian acara pelantikan, mulai dari pengamanan di kediaman, prosesi di MPR, Istana Negara, hingga perjalanan Jokowi ke Solo, berlangsung tanpa hambatan.

"Alhamdulillah, semua berjalan dengan baik, seluruh kegiatan pengamanan kita tahu dari mulai kediaman, ke MPR, ke Istana, lanjut kepulangan Pak Jokowi ke Solo," ujarnya.

Di sisi lain, Jenderal Agus Subiyanto juga menegaskan bahwa proses kepulangan Jokowi telah berjalan sangat aman dan lancar. "Ini atas perintah Presiden RI Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto. Saya dan Kapolri untuk mengantar Presiden ke-7 Pak Jokowi," jelas Agus.

Setelah memastikan mantan Presiden tiba dengan selamat di Solo, kedua jenderal tersebut langsung kembali ke Jakarta untuk melanjutkan tugas-tugas mereka.

"Yang jelas kami secara resmi sudah mengantarkan beliau, dan kami pamit karena semua sudah terlaksana, beliau sudah sampai dan semua berjalan lancar. Dan tentunya sekarang kami harus kembali ke Jakarta," tutup Kapolri Sigit.



Editor: Dhimas Ginanjar

Tag:  #kapolri #sigit #panglima #kawal #kepulangan #jokowi #solo #usai #pelantikan #prabowo #gibran

KOMENTAR