Pangkoopsud I Pantau Langsung Situasi dan Kondisi Jakarta Pasca Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden
Pangkoopsud I Marsekal Muda TNI Mohammad Nurdin pimpin langsung pemantauan situasi dan kondisi pasca pelantikan presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10). (Tangkapan Layar)
15:48
20 Oktober 2024

Pangkoopsud I Pantau Langsung Situasi dan Kondisi Jakarta Pasca Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

- Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) I Marsekal Muda TNI Mohammad Nurdin selaku Komandan Satgas Udara Pengamanan VVIP memantau langsung perkembangan situasi dan kondisi Jakarta dari udara. Menggunakan Helikopter Caracal HT-7201 dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja, perwira tinggi bintang dua TNI AU itu memastikan kondisi dan situasi Jakarta tetap aman pasca pelantikan presiden dan wakil presiden pada Minggu (20/10). 

Bertindak sebagai pilot Helikopter Caracal HT-7201 tersebut Kapten Penerbang Yogie. Berdasar keterangan resmi yang diterima oleh JawaPos.com, sebelum patroli udara dilaksanakan, Nurdin memimpin briefing yang dihadiri oleh seluruh personel Satgas Udara Pengamanan VVIP di VIP Room Pandawa, Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

”Selama pelaksanaan Operasi Pengamanan VVIP Koopsud I diperkuat oleh beberapa alutsista. Yakni pesawat tempur F 16, Pesawat B737 VVIP, C-130 Hercules, CN 295, dan helikopter. Patroli udara dilaksanakan sejak sejak tanggal 17 Oktober 2024, baik siang maupun malam,” bunyi keterangan resmi tersebut. 

Dalam patroli udara itu, Marsekal Muda Nurdin didampingi oleh beberapa pejabat Koopsud I. Mereka berpatroli dengan terbang di atas Komplek MPR-DPR. Dari rekaman video yang diterima oleh JawaPos.com, tampak Helikopter Caracal HT-7201 yang digunakan patroli sudah dilengkapi dengan sistem senjata lengkap.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto meminta seluruh prajurit TNI mewaspadai setiap potensi ancaman dan gangguan. ”Waspadai kemungkinan munculnya ancaman sebelum, selama, dan sesudah pelaksanaan Operasi Pengamanan VVIP. Koordinasi dalam pelaksanaan tugas dengan seluruh satuan dan instansi terkait guna terwujudnya sinkronisasi kegiatan ini,” kata dia. 

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #pangkoopsud #pantau #langsung #situasi #kondisi #jakarta #pasca #pelantikan #presiden #wakil #presiden

KOMENTAR