Presiden Prabowo Bicara Soal Pemberantasan Korupsi: Kalau Ikan Menjadi Busuk, Busuknya Mulai dari Kepala
Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato usai dilantik pada sidang paripurna MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
14:40
20 Oktober 2024

Presiden Prabowo Bicara Soal Pemberantasan Korupsi: Kalau Ikan Menjadi Busuk, Busuknya Mulai dari Kepala

- Presiden Prabowo Subianto, menyampaikan komitmennya terhadap pemberantasan korupsi. Bahkan, ia menargetkan bisa mengurangi angka kasus korupsi secara signifikan.

"Saya sudah katakan kita harus berani menghadapi dan memberantas korupsi dengan perbaikan sistem dengan penegakan hukum yang tegas. Dengan digitalisasi insya Allah kita akan kurangi korupsi secara signifikan," kata Prabowo dalam pidato kenegaraan pertama di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Minggu (20/10).

Namun, Prabowo meminta hal itu perlu dilakukan oleh seluruh unsur pimpinan. Apalagi kata dia bahwa seorang pemimpin harus memberi teladan kepada para stafnya, hal ini sejalan dengan semboyan dari Ki Hajar Dewantara, yakni Ing ngarso sung tulodo atau di depan memberikan contoh.

"Saudara-saudara sekalian ada pepatah yang mengatakan, kalau ikan menjadi busuk, busuknya mulai dari kepala. Semua pejabat dan semua eselon dan semua tingkatan harus memberi contoh untuk menjalankan kepemimpinan pemerintahan yang sebersih-bersihnya," jelas Presiden Prabowo.

Lebih lanjut, Ketua Umum Partai Gerindra ini juga mengatakan pemberantasan korupsi juga harus diiringi dengan penegakan hukum yang tegas.

"Mulai dengan contoh dari atas dan sesudah itu penegakan hukum yang tegas dan keras," pungkasnya.

Sebelumnya, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah mengucapkan sumpah jabatan sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Dalam acara itu, sebanyak 709 anggota MPR RI hadir langsung di Gedung DPR/MPR RI, Jakarta untuk menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut.

Selain anggotan MPR, Sidang Paripurna MPR RI tersebut juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #presiden #prabowo #bicara #soal #pemberantasan #korupsi #kalau #ikan #menjadi #busuk #busuknya #mulai #dari #kepala

KOMENTAR