Suasana Haru Iringi Langkah Basuki Hadimuljono Tinggalkan Kantor Kementerian PUPR, “We Love You”
PERPISAHAN: Basuki Hadimuljono memeluk jajarannya di Kementerian PUPR saat hari terakhir bekerja sebagai menteri. (Nurul Fitriana/JawaPos.com)
22:24
18 Oktober 2024

Suasana Haru Iringi Langkah Basuki Hadimuljono Tinggalkan Kantor Kementerian PUPR, “We Love You”

- Hari terakhir Basuki Hadimuljono berkantor di Kementerian PUPR penuh dengan emosional pada Jumat (18/10). Suasana begitu haru. Para pegawai hingga jajaran PUPR melepas orang nomor satu di kementerian tersebut.

Pantauan JawaPos.com, Basuki Hadimuljono tampak menyalami dan merangkul sejumlah pegawai yang telah menanti di lobby kantor Kementerian PUPR sekitar pukul 20.55 WIB.

Sembari berpelukan, Basuki tampak berkaca-kaca dan terisak. Tak henti, Basuki juga mengucapkan terima kasih kepada satu per satu pegawainya itu. “Makasih ya, makasih semuanya,” kata dia sembari mengusap air mata dengan sapu tangannya.

Basuki mengaku perpisahan ini terasa begitu berat. Apalagi dia sudah menganggap Kantor PUPR sebagai rumahnya. “PU ini rumah saya, bukan kantor saya. Jadi saya meninggalkan rumah,” ujarnya sembari menahan tangis.

Pada pukul 21.00 WIB, para jajaran tinggi Kementerian PUPR juga ikut melepas dengan berbaris di pintu keluar kantor, dekat mobil yang akan ditumpangi Basuki. Mereka menyalami, merangkul, dan saling terisak dengan backsound mesin mobil Basuki yang telah menyala.

Malam ini, Basuki benar-benar meninggalkan Kementerian PUPR setelah 45 tahun mengabdi di dalamnya. Sebelum memasuki mobil, dia berkali-kali menyatakan kalimat cinta pada pegawainya.

“I love you. I love you semua,” ujarnya sembari melayangkan kecupan tangan ke seluruh pegawai.

Saat Basuki memasuki mobil, sontak seluruh pegawai langsung kompak melepas Basuki dengan menyebut “We love you” secara berulang.

“We love you. We love you. We love you,” ujar para pegawai dengan kompak nan riuh.

Kalimat itu, kemudian dibalas dengan lambaian tangah Basuki dari kaca mobil yang terbuka. Makin keras suara itu, tangis Basuki pun pecah, ia terlihat berkali-kali mengelap air matanya.

Bukan dengan plat mobil dinas, Basuki malam ini benar-benar meninggalkan Kementerian PUPR dengan plat mobil pribadi.

Rencananya, Basuki akan kembali lagi ke Kementerian PUPR pada Selasa (21/10) bukan untuk ngantor, tapi melaksanakan serah terima jabatan kepada menteri baru di kabinet Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #suasana #haru #iringi #langkah #basuki #hadimuljono #tinggalkan #kantor #kementerian #pupr #love

KOMENTAR