Panglima TNI Update Kondisi Dua Prajurit TNI di Markas UNIFIL, Sudah Kembali ke Induk Pasukan
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo memimpin Apel Kesiapan jelang pelantikan presiden dan wakil presiden di Lapangan Silang Monas. (Puspen TNI)
17:24
18 Oktober 2024

Panglima TNI Update Kondisi Dua Prajurit TNI di Markas UNIFIL, Sudah Kembali ke Induk Pasukan

 

- Serangan Israel Defense Force (IDF) ke Markas United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL), Naqoura, Lebanon Selatan beberapa hari lalu menyebabkan dua orang prajurit TNI terluka.

Mereka sempat dibawa ke rumah sakit untuk mendapat penanganan medis. Jumat (18/10) Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyampaikan bahwa kondisi dua prajurit itu baik-baik saja. 

Keterangan tersebut disampaikan oleh Agus saat ditanya oleh awak media di Lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat.

”Jadi dua orang personel TNI yang tergabung dalam UNIFIL kena serangan rudal, keduanya luka ringan, kemudian dipindah ke rumah sakit yang ada di UNIFIL,” ungkap orang nomor satu di institusi militer Indonesia itu. 

Berdasar informasi terakhir yang diterima oleh Jenderal Agus, kedua prajurit tersebut dalam keadaan baik-baik saja. Mereka sudah bisa bertugas seperti sedia kala.

”Sekarang sudah sehat dan sudah kembali ke satuannya, sudah bergabung lagi dengan induk pasukan, sudah baik,” ucap mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) tersebut.  

Pada Kamis pekan lalu (10/10) Markas Besar (Mabes) TNI mengonfirmasi bahwa kontak tembak antara IDF dengan Hizbullah menyebabkan salah satu tower pengamatan di Markas United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL), Naqoura, Lebanon Selatan terkena tembakan Tank Merkava milik IDF. Akibatnya, dua orang prajurit TNI yang bertugas di sana mengalami luka-luka. 

Indonesia merupakan salah satu negara yang paling banyak mengirim pasukan penjaga perdamaian yang bergerak di bawah komando PBB. Termasuk diantaranya satuan tugas (satgas) yang dikirim untuk bergabung dengan UNIFIL. Catatan Kementerian Luar Negeri (Kemlu), ada lebih dari seribu prajurit TNI yang tergabung dalam UNIFIL di Lebanon. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #panglima #update #kondisi #prajurit #markas #unifil #sudah #kembali #induk #pasukan

KOMENTAR