VIDEO Melihat Persiapan Pelantikan Prabowo-Gibran: Tak Pakai Tradisi Baru & 100 Ribu Prajurit Siaga
16:32
18 Oktober 2024

VIDEO Melihat Persiapan Pelantikan Prabowo-Gibran: Tak Pakai Tradisi Baru & 100 Ribu Prajurit Siaga

Sejumlah persiapan tengah dilakukan jelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, pada Minggu (20/10/2024).

Rencananya pelantikan presiden dan wakil presiden periode 2024 - 2029 akan digelar di gedung DPD-DPR-MPR RI, Senayan, Jakarta mulai pukul 10.00 WIB.

Jelang pelantikan presiden dan wapres, hamparan karpet berwarna merah sudah dipasang kemudian mesin X-ray sudah berjejer di gedung DPR RI yang akan digunakan untuk memeriksa barang bawaan tamu yang akan hadir pada saat pelantikan itu.

Sementara itu 100 ribu prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara dalam rangka pengamanan VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI pada 20 Oktober 2024.

Penjelasan Ketua MPR RI

Ketua MPR RI Ahmad Muzani menyatakan acara pelantikan Prabowo-Gibran akan sama dengan acara pelantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada lima tahun lalu.

Acara pelantikan tersebut akan dimulai sekira pukul 10.00 WIB dan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelahnya, Ketua MPR RI akan menyampaikan pidatonya dan dilanjutkan penyerahan Surat Keputusan (SK) Presiden dan Wakil Presiden terpilih.


Kemudian pengucapan janji, sumpah oleh Presiden, dilanjutksn Wakil Presiden terpilih.

Setelah itu Prabowo akan menyampaikan pidato perdananya sebagai Kepala Negara yang akan didampingi oleh Gibran sebagai Wakil Presiden.

Setelah itu, acara akan dilajutkan dengan pembacaan doa dan penutupan sidang yang dipimpin Ketua MPR RI Ahmad Muzani.

Setelah acara pelantikan, Prabowo dan Gibran akan langsung menuju ke Istana Kepresidenan, Jakarta.

Prabowo dan Gibran rencananya akan diantar oleh para relawannya dari Gedung DPD-DPR-MPR RI menuju ke Istana Kepresidenan.

Arak-arakan ini juga akan dilakukan saat prosesi pengantaran Presiden ketujuh RI Joko Widodo (Jokowi) ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Namun hingga kini, masih belum dipastikan acara apa yang akan dilakukan di Istana Kepresidenan.

Persiapan di Gedung DPD-DPR-MPR RI

Terkait persiapan di Gedung MPR/DPR, sejak Kamis (17/10/2024) kemarin, sudah terparkir sekitar lebih 20 kendaraan taktis (rantis) dan kendaraan tempur (ranpur) milik TNI.

Sejumlah petugas di gedung parlemen juga mulai memasang tiang-tiang hingga mendekor aula di gedung tersebut.

Simulasi-simulasi pengamanan juga mulai dilakukan oleh pasukan pengamanan.

36 Kepala Negara Sahabat Bakal Hadir

Sebanyak 36 Kepala Pemerintahan dan Kepala Negara sahabat  akan menghadiri pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih RI Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Minggu (20/10/2024).

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengerahkan 100 ribu prajurit TNI dari TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara dalam rangka pengamanan VVIP pelantikan presiden dan wakil presiden RI.

Jenderal Agus Subiyanto menekankan kegiatan tersebut bukan hanya acara kenegaran biasa, melainkan simbol kelangsungan demokrasi dan kedaulatan bangsa Indonesia. 

Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024 - 2029 pun telah digelar di Lapangan Silang Monas Jakarta Pusat pada Jumat (18/10/2024) pagi tadi.

Pengamanan VVIP akan dibagi dalam tiga ring pengamanan.

Ring satu, akan dilaksanakan oleh Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

Kemudian akan juga akan ditempatkan sniper atau penembak runduk dari Pasukan Khusus TNI dan anti-drone.

Untuk ring dua dan tiga akan dilaksanakan oleh prajurit TNI dan Polri.

Operasi Pengamanan VVIP akan digelar selama tujuh hari mulai 17 hingga 23 Oktober 2024. 

Sebanyak 24.200 personel yang tergabung dalam Kogabpadpam VVIP tersebut dibagi ke dalam 10 Satgas.

Panggung Pesta Rakyat

Panggung pesta rakyat akan digelar saat Prabowo-Gibran dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2024-2029, pada Minggu (20/10/2024).

Pesta rakyat itu terbagi menjadi tiga sesi, yakni pertama dimulai pada pukul 08.00 WIB,  kedua pukul 10.00 WIB, dan terakhir pukul 14.00 WIB.

Kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya Kombes Pol M Latif Usman ada sekitar 13 panggung hiburan yang berada di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin.

"Di sepanjang jalur Sudirman-Thamrin, besok tanggal 20 Oktober itu ada kegiatan panggung hiburan, pesta rakyat," kata Latif saat ditemui di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis(17/10/2024).

Dia mengimbau warga yang ingin datang ke pesta rakyat untuk menggunakan transportasi umum seperti MRT dan Trans Jakarta.

Polda Metro Jaya juga menyiapkan kantong-kantong parkir bagi warga yang menggunakan kendaraan pribadi.

"Nah untuk kantong-kantong parkir yang kita siapkan untuk masyarakat yang akan menonton panggung rakyat tersebut, kami ada di GBK parkir timur, begitu juga di IRTI Monas kami siapkan, dan beberapa tempat daripada gedung-gedung yang menyediakan tempat parkir tersebut," terang dia.

Untuk diketahui, sejumlah panggung pesta rakyat itu dilaksanakan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Sejumlah band terkenal J-Rocks, Ada Band, Kelompok Pemuja Koplo, Kotak, Happy Asmara, Yura Yunita, Om Leo Berkaraoke feat Bisma Smash, Nella Kharisma, Wali Band sampai RAN akan tampil.

Titik panggung pesta rakyat itu meliputi FX Sudirman, Gate 7 GBK, Kantor Pusat BRI, Stasiun MRT Setiabudi Astra, Graha BNI Dukuh Atas, Grand Hyatt Bundaran HI, Setelah Kedubes Jepang, Patung Kuda, Museum Nasional, Anjungan Sarinah hingga Depan Chillax.

Ribuan personel gabungan diterjunkan mengawal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia periode 2024-2029 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

"Kekuatan pengamanan melibatkan sebanyak 6.757 personel," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Ade Ary Syam Indradi.

Personel gabungan terdiri dari unsur Polda Metro Jaya dan, Polres jajaran, Kodam Jaya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan stakeholder terkait. 

Bila dirinci 6.757 personel itu terdiri dari 4.100 personel Satuan Tugas (Satgas) Polda Metro Jaya, 1.667 personel gabungan Satgas Polres jajaran Polda Metro Jaya, 857 Satgas Polres Jakarta Pusat, kemudian 133 personel BKO dari Pemda.

"Yang menjadi sasaran pengamanan meliputi orang yaitu Presiden dan Wakil Presiden, Tamu undangan Kepala Negara lain, Kendaraan VIP dan VVIP dan area DPR/MPR RI, rute yang dilalui Presiden dan Wakil Presiden, serta Obyek Vital," ucap Ade Ary.

Untuk rekayasa lalu lintas bersifat situasional di mana pengalihan arus dilakukan apabila terjadi kepadatan di sekitar kawasan Senayan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. 

Ade Ary mengajak masyarakat selalu menjaga keamanan dan ketertiban. Pun dirinya minta personel yang melaksanakan pengamanan supaya bertindak secara humanis.

"Kami mengimbau masyarakat pengguna jalan untuk menghindari kawasan tersebut dan mencari rute alternatif lain guna menghindari kepadatan lalu lintas," ujar dia.(*)

Editor: Srihandriatmo Malau

Tag:  #video #melihat #persiapan #pelantikan #prabowo #gibran #pakai #tradisi #baru #ribu #prajurit #siaga

KOMENTAR