Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, TNI Gerakkan Sniper, Anti Drone, dan Buat Tiga Lapis Pengamanan
Personil TNI anti teror melakukan simulasi pengamanan taktis VIP dalam pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
10:40
18 Oktober 2024

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden, TNI Gerakkan Sniper, Anti Drone, dan Buat Tiga Lapis Pengamanan

 

- Presiden Terpilih dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, bakal dilantik pada Minggu (20/10). Untuk mengamankan acara tersebut, TNI-Polri mengerahkan 115 ribu personel. Terdiri atas seratus ribu prajurit TNI dan 15 ribu personel Polri. Pengamanan acara tersebut dipastikan ketat dan berlapis. 

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menyampaikan bahwa dirinya bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo telah memitigasi segala potensi ancaman dan gangguan. Baik sebelum, saat, maupun sesudah pelantikan berlangsung. Khusus TNI, tidak hanya ratusan ribu prajurit yang bersiaga, ada pengerahan alat utama sistem persenjataan (alutsista) dan pasukan khusus. 

”Nanti itu dari Paspampres itu lengkap dengan sniper dan anti drone,” ungkap Agus kepada awak media di Jakarta pada Jumat (18/10). 

Dalam operasi pengamanan tersebut, TNI-Polri membagi area pengamanan dalam tiga ring. Yakni Ring 1, Ring 2, dan Ring 3. Khusus Ring 1, mereka mengandalkan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). ”Jadi, kami semua terapkan untuk pengamanan. Khususnya VVIP untung Ring 1, nanti itu dari Paspampres,” jelas orang nomor satu di TNI itu. 

Untuk Ring 2 dan Ring 3, TNI-Polri berbagi tugas dan peran. Selain pengamanan, rekayasa lalu lintas juga menjadi perhatian mereka. Sebab, TNI-Polri sudah mendapat informasi akan ada banyak masyarakat yang menyaksikan iring-iringan presiden dan wakil presiden baru maupun presiden dan wakil presiden lama. Jenderal Sigit menyampaikan bahwa pihaknya telah membagi tim dalam delapan satuan tugas (satgas). 

”Tentu yang harus kita antisipasi adanya potensi masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan, tentunya ada yang ikut bergabung dalam menyambut rencana pelantikan, termasuk mungkin mendoakan,” kata Sigit. 

Karena itu, TNI-Polri sudah menyusun rencana rekayasa lalu lintas. Termasuk untuk mengamankan rute yang akan dilalui oleh rombongan presiden dan wakil presiden lama serta presiden dan wakil presiden baru. Pihaknya juga mengimbau masyarakat yang akan menyaksikan iring-iringan tersebut untuk mengikuti arahan dan petunjuk petugas di lapangan. 

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #pelantikan #presiden #wakil #presiden #gerakkan #sniper #anti #drone #buat #tiga #lapis #pengamanan

KOMENTAR