Pelantikan Prabowo-Gibran Tak Akan Pakai Tradisi Baru, 'Jiplak' Zaman Jokowi 
Personel TNI melakukan simulasi pengamanan VVIP di Ruang Rapat Paripurna I Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (17/10/2024). Sejumlah persiapan dilakukan jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan diambil sumpahnya sebagai Presiden dan Wakil Presiden masa bakti 2024 - 2029 pada Minggu (20/10). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 
23:22
17 Oktober 2024

Pelantikan Prabowo-Gibran Tak Akan Pakai Tradisi Baru, 'Jiplak' Zaman Jokowi 

- Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) MPR RI Siti Fauziah membeberkan rangkaian acara pelantikan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029 di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta pada Minggu, 20 Oktober 2024 nanti. 

Ia mengatakan, acara pelantikan tersebut akan dimulai sekira pukul 10.00 WIB dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Setelahnya, Ketua MPR RI Ahmad Muzani akan menyampaikan pidatonya yang disambung penyerahan Surat Keputusan (SK) Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

"Kemudian pengucapan janji, sumpah oleh Presiden terpilih, lalu Wakil Presiden terpilih, lalu sudah itu pimpinan MPR menandatangani berita acara," ucap Siti Fauziah kepada Tribunnews.com, Kamis (17/10/2024).

Lalu, Prabowo akan menyampaikan pidato perdananya sebagai kepala negara yang akan didampingi oleh Gibran sebagai Wakil Presiden.

Setelah itu, acara akan dilajutkan dengan pembacaan doa dan penutupan sidang yang dipimpin Ahmad Muzani.

Ahmad Muzani yang juga merupakan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra menjelaskan, setelah acara pelantikan, Prabowo dan Gibran akan langsung menuju ke Istana Negara, Jakarta.

"Rangkaian (acara) sama dengan tahun-tahun, lima tahun lalu. Tidak ada perubahan (dari zaman Jokowi)," ucap Muzani saat memberikan undangan pelantikan ke Wakil Presiden ke-10 dan 12, Jusuf Kalla di kawasan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (16/10/2024).

Prabowo dan Gibran sendiri rencananya akan diarak oleh para relawannya dari Gedung MPR/DPR menuju ke Istana Negara.

Arak-arakan ini juga akan dilakukan saat prosesi pengantaran Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Hingga kini, masih belum dipastikan acara apa yang akan dilakukan di Istana Negara. Namun, pihak Istana Negara sudah mulai bersolek dengan mengganti lantai hingga memoles marmer yang ada.

Pembersihan juga dilakukan di tembok-tembok gedung oleh petugas kebersihan dengan cara dikikir.

Selain itu, nantinya di sepanjang jalan Jenderal Sudirman dan MH Thamrin akan didirikan 13 panggung hiburan rakyat yang digelar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan akan diisi sejumlah publik figur.

Kegiatan ini dibagi menjadi tiga sesi yakni pukul 08.00 WIB, 10.00 WIB, dan 14.00 WIB.

 

Editor: Acos Abdul Qodir

Tag:  #pelantikan #prabowo #gibran #akan #pakai #tradisi #baru #jiplak #zaman #jokowi

KOMENTAR