TNI AU Kerahkan Empat Pesawat Tempur F-16 untuk Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden
Deretan alutsista TNI AU yang akan digunakan dalam pengamanan VVIP pada pelantikan presiden dan wakil presiden Minggu (20/10) mendatang. (Syahrul Yunizar/JawaPos.com)
13:08
17 Oktober 2024

TNI AU Kerahkan Empat Pesawat Tempur F-16 untuk Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

TNI AU menyiapkan ribuan personel dan alat utama sistem persenjataan (alutsista) untuk mengamankan VVIP yang hadir dalam acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, pada Minggu (20/10). Termasuk diantaranya empat pesawat tempur F-16

Keterangan tersebut disampaikan secara langsung oleh Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya TNI Tedi Rizalihadi di Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

”Kami menyiapkan satu flight pesawat tempur F-16 yang terdiri atas empat pesawat. Itu lengkap dengan armament dan lain-lain,” kata Tadi. 

Perwira tinggi bintang tiga TNI AU itu menyampaikan bahwa pesawat tempur F-16 tersebut berasal dari Lanud TNI AU Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Selain pesawat tempur, Angkatan Udara turut menyiapkan beberapa pesawat angkut untuk mendukung operasi pengamanan tersebut. Termasuk diantaranya pesawat angkut yang bisa dipakai melakukan operasi pengintaian. 

”Kami menyiapkan delapan pesawat angkut. Baik itu pesawat boeing, boeing ini ada dari skadron boeing intai, lengkap dengan kameranya. Bisa mengawasi ibu kota selama pergerakan di bawah,” terang dia. 

Selain itu, TNI AU juga menyiapkan helikopter angkut untuk kebutuhan evakuasi medis udara yang dilengkapi dengan mini ICU. Seluruh alutsista tersebut sudah diperiksa oleh Tedi dan dipastikan siap operasi.  ”Kami melaksanakan apel kesiapan, apel kesiapan baik personel maupun alutsista TNI AU, dalam rangka pengamanan VVIP di pelantikan presiden dan wakil presiden,” ujarnya.  

Editor: Banu Adikara

Tag:  #kerahkan #empat #pesawat #tempur #untuk #pengamanan #vvip #pelantikan #presiden #wakil #presiden

KOMENTAR