Indonesia-Singapura Tandatangani SOP Patroli Udara Terkoordinasi Indopura
Penandatanganan SOP kerja sama Patkor Indopura terkait dengan patroli udara terkoordinasi antara Indonesia dengan Singapura. (TNI AU)
11:08
16 Oktober 2024

Indonesia-Singapura Tandatangani SOP Patroli Udara Terkoordinasi Indopura

 

TNI AU dan Republic of Singapore Air Force (RSAF) menandatangani Standard Operating Procedure (SOP) Patroli Udara Terkoordinasi (Patkor) Indopura di Ruang Olah Yudha, Seskoau, Lembang, Jawa Barat.

Penandatanganan SOP tersebut dilakukan oleh Asisten Operasi (Asops) KSAU, Marsda TNI Minggit Tribowo dan Head Air Operation RSAF Brigadier General Teo Soo Yeow.

Berdasar keterangan resmi TNI AU pada Rabu pagi (16/10), penandatanganan tersebut turut disaksikan secara langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI M. Tonny Harjono dan Chief of Air Force (CAF) RSAF Major General Kelvin Van.

”SOP ini disusun sebagai panduan untuk memastikan pelaksanaan patroli udara terkoordinasi dan bersama secara efektif di tingkat taktis. Dokumen ini juga menetapkan kesepahaman tentang prosedur Patroli Udara Terkoordinasi Indopura di wilayah udara Selat Singapura, sesuai kesepakatan dari kedua angkatan udara,” ungkap Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Ardi Syahri. 

Patkor Indopura merupakan kerja sama yang dijalin oleh Indonesia dengan Singapura. Kerja sama itu menyangkut patroli bersama di wilayah perbatasan antara Indonesia dengan Singapura. Tidak hanya antara angkatan udara, Patkor Indopura juga dilaksanakan antara angkatan laut kedua negara. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #indonesia #singapura #tandatangani #patroli #udara #terkoordinasi #indopura

KOMENTAR