IDF Terobos UNIFIL di Lebanon Selatan, Mabes TNI Pastikan Seluruh Prajurit TNI Dalam Keadaan Aman
Ilustrasi pasukan Unifil. (Dok. JawaPos.m
08:56
15 Oktober 2024

IDF Terobos UNIFIL di Lebanon Selatan, Mabes TNI Pastikan Seluruh Prajurit TNI Dalam Keadaan Aman

 

Israel Defense Force (IDF) masih terus melancarkan serangan melalui daerah perbatasan di Lebanon Selatan. Melalui keterangan resmi yang disampaikan oleh United Nations Interim Force in Lebanon (UNIFIL), pada Minggu (13/10) waktu setempat, IDF melintas di area Blue Line dan menerobos masuk Lebanon melalui Gerbang Pos UNIFIL di Ramyah.

Berdasar pantauan mereka, UNIFIL menyatakan bahwa hal itu dilakukan oleh tiga peleton tentara IDF yang turut membawa Tank Merkava.  ”Sekira pukul 04.30 (waktu setempat) ketika pasukan penjaga perdamaian berada di tempat perlindungan, dua Tank Merkava IDF menghancurkan gerbang utama pos dan memaksa masuk ke dalamnya,” ungkap UNIFIL. 

UNIFIL memprotes keras aksi tersebut sampai akhirnya Tank Merkava dan tentara Israel berlalu meninggalkan Markas UNIFIL di Ramyah. Mereka menilai tindakan tersebut telah membahayakan pasukan penjaga perdamaian. Tidak hanya itu, UNIFIL melaporkan adanya tembakan dari sebelah utara posisi pasukan penjaga perdamaian berlindung. Tembakan tersebut memunculkan asap.

”Meski telah mengenakan masker pelindung, pasukan tetap terkena dampak diantaranya (mengalami) iritasi kulit, reaksi pencernaan, setelah asap tersebut memasuki barak. Mereka telah mendapatkan penanganan,” tulis UNIFIL. (*)

 

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #terobos #unifil #lebanon #selatan #mabes #pastikan #seluruh #prajurit #dalam #keadaan #aman

KOMENTAR