Belum Tentukan Tanggal, Kemenhub Ungkap Peresmian Bandara Dhoho Kediri Dilakukan Bulan Ini
Bandara Dhoho Kediri. (Radar Kediri)
18:16
7 Februari 2024

Belum Tentukan Tanggal, Kemenhub Ungkap Peresmian Bandara Dhoho Kediri Dilakukan Bulan Ini

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Adita Irawati mengatakan pihaknya belum menetapkan tanggal peresmian Bandara Dhoho Kediri di Jawa Timur. Sebelumnya, peresmian itu direncanakan bakal dilakukan pada bulan Februari 2024.   Namun begitu, Kemenhub berharap bahwa peresmian Bandara Dhoho akan segera dilakukan pada bulan ini. “Masih belum ditentukan tanggalnya (peresmian Bandara Dhoho), tapi diharapkan bisa bulan ini,” kata Adita kepada JawaPos.com, Rabu (7/2).   Sebelumnya, rencana peresmian Bandara Dhoho akan digelar pada Senin, 15 Januari 2024. Namun hal tersebut dibantah Kemenhub.  

  Kemenhub mengatakan, pihaknya masih menunggu persiapan maskapai yang akan beroperasi di bandara yang dibangun dengan skema KPBU oleh PT Gudang Garam Tbk melalui anak usahanya, PT Surya Dhoho Investama (SDHI).   “Tidak ada acara peresmian hari ini mbak. Kami masih menunggu persiapan maskapai yang akan beroperasi,” kata Adita saat dihubungi JawaPos.com, Senin (15/1).   Adapun saat ini, kata Adita, seluruh pihak masih dalam proses untuk mempersiapkan Bandara Dhoho Kediri untuk beroperasi secara komersial.“Saat ini sedang dalam proses untuk menetapkan hal-hal komersial,” imbuhnya.  

  Hingga hari ini, dua maskapai yang telah mendapatkan izin penerbangan di Bandara Dhoho Kediri belum meluncurkan rute baru dan menetapkan harga tiket. Sebelumnya, PT Angkasa Pura 1 (Persero), selaku pengelola bandara memastikan bahwa pihaknya telah siap mengoperasikan Bandara Dhoho.   Bahkan, telah ada dua slot penerbangan maskapai yang siap melakukan penerbangan dari dan ke Bandara Dhoho Kediri. Dua maskapai tersebut terdiri dari Batik Air dan Super Air Jet.   Sementara itu, kabar soal rencana pengoperasian sebelumnya diungkap oleh Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana. Hal tersebut tentu menjadi kabar baik, setelah maju mundur perihal kabar operasionalnya.  

  “Insya Allah bandara akan beroperasi pada 15 Januari,” ujarnya disela-sela mengecek berbagai kesiapan jelang operasional bandara beberapa waktu lalu.   Waktu operasional ditetapkan seiring dengan sertifikat tanggal operasi komersil (TOK) Bandara Dhoho sudah dikantongi dan diteken oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan pada 29 Desember 2023 lalu.

 

Editor: Banu Adikara

Tag:  #belum #tentukan #tanggal #kemenhub #ungkap #peresmian #bandara #dhoho #kediri #dilakukan #bulan

KOMENTAR