Seminggu Jelang Pensiun, Presiden Jokowi Safari Sekolah di Solo, Jajal Bangku dan Ketemu Teman Lama
Presiden Jokowi saat kunjungi SDN 111 Tirtoyoso, Solo, tempatnya bersekolah dulu, Sabtu (12/10). (ANTONIUS C/RADAR SOLO)
16:48
13 Oktober 2024

Seminggu Jelang Pensiun, Presiden Jokowi Safari Sekolah di Solo, Jajal Bangku dan Ketemu Teman Lama

– Jelang akhir masa jabatannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghabiskan akhir pekannya di kampung halaman di Solo. Presiden dua periode tersebut bersafari ke sekolah-sekolah tempatnya menimba ilmu dulu.

Jawa Pos Radar Solo melaporkan kemarin (12/10), sekolah pertama yang dia datangi adalah SDN 111 Tirtoyoso.

Jokowi tiba sekitar pukul 08.11 dan disambut guru serta murid.

Warga yang tinggal di sekitar sekolah juga terlihat memadati kawasan itu. Mereka kecipratan rezeki: mendapat sembako dari presiden. Jokowi keliling di sekolah tersebut sekitar 30 menit. Setelah itu, bertolak ke SMPN 1, sekolahnya yang lain.

Ditemui seusai kunjungan presiden, Kepala SDN 111 Tirtoyoso Liliy Maria mengatakan, dalam kunjungan tersebut, Jokowi melihat kondisi ruang kelas IV dan kelas V. ”Terus lihat-lihat bangunan sekitar juga, dulu ada kantin di samping kelas IV, terus pindah di pojok,’’ katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi memberikan bingkisan berupa tas dan alat tulis kepada siswa. Sedangkan guru mendapat kain batik.

Dari SD, Jokowi bertolak ke SMPN 1 Surakarta. Di sekolah yang lokasinya tak jauh dari Stadion Manahan itu, Jokowi bernostalgia. Bahkan sempat memasuki kelas semasa dia masih mengenyam pendidikan di sekolah tersebut.

Menurut Wuryanti, kepala SMPN 1 Surakarta, Jokowi tercatat sebagai angkatan tahun 1976. ’’Tadi beliau duduk di tempat beliau duduk dulu. ’’Beliau mengatakan dulu mejanya yang panjang itu, satu meja buat dua orang,’’ tutur Wuryanti.

Itu juga kunjungan pertama Jokowi ke sekolah tersebut selama menjabat presiden. ’’Kalau waktu jadi wali kota sering, beberapa kali. Beliau pesan tadi, titip kepada kami, bapak-ibu guru agar mendidik anak-anak berakhlak mulia dan berprestasi,’’ jelas Wuryanti.

Selama 30 menit, Jokowi bertemu dengan para guru. ’’Untuk bapak ibu guru serta karyawan tadi dapat batik. Kemudian, siswa dapat tas sama alat tulis, total ada 899 siswa,’’ katanya.

Terakhir, Jokowi lantas menuju SMAN 6 Surakarta, sekolah terakhirnya di Solo. Ayah tiga anak itu berada di lokasi selama hampir 45 menit dan bertemu dengan sejumlah teman seangkatannya.

Salah satunya Sudirman. ”Pak Jokowi dulu duduk paling depan. Atau baris kedua. Kalau saya duduk di baris belakang,’’ ungkapnya.

Kepala SMAN 6 Surakarta Munarso mengatakan, saat kunjungan kemarin, tak banyak pesan yang diungkapkan Jokowi. Sebab, Jokowi menghabiskan waktu bertemu dengan alumni SMAN 6 angkatannya. ’’Karena mungkin teman-teman di sini paling berkesan ya, yang bersama beliau di masa-masa remaja,’’ ujarnya. (atn/c6/ttg)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #seminggu #jelang #pensiun #presiden #jokowi #safari #sekolah #solo #jajal #bangku #ketemu #teman #lama

KOMENTAR