Hasil Skrining Ratusan Petugas KPPS Tak Punya Jaminan Kesehatan, KPU Kota Kediri Sampaikan Hal Ini
Ilustrasi pelaksanaan kegiatan pemungutan suara. /Dok Radar Kediri
21:40
1 Februari 2024

Hasil Skrining Ratusan Petugas KPPS Tak Punya Jaminan Kesehatan, KPU Kota Kediri Sampaikan Hal Ini

 

 

– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri mengatakan, hasil skrining kesehatan terhadap 5.992 petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) menunjukkan 244 orang di antaranya belum punya jaminan kesehatan.

Mereka yang masuk dalam kategori belum punya jaminan kesehatan itu di antaranya termasuk yang belum terdaftar atau keanggotaannya tidak aktif karena menunggak pembayaran.

“Ada 47 pertanyaan yang harus dijawab untuk mendeteksi kesehatan. Hasilnya ada empat kategori,” Kata Komisioner KPU Kota Kediri Moch. Wahyudi seperti dilansir dari Radar Kediri (JawaPos Group).

Ia menyebutkan bahwa empat kategori hasil skrining kesehatan itu antara lain memiliki BPJS kesehatan dan dinyatakan sehat, direkomendasikan untuk dirujuk di fasilitas kesehatan, menunggak BPJS kesehatan, dan tidak mempunyai BPJS kesehatan.

“Bagi mereka yang punya tunggakan dan belum terdaftar di BPJS kesehatan maka akan kami komunikasikan kepada pemerintah daerah untuk difasilitasi mendaftar BPJS beserta biayanya,” kata dia.

Menurutnya saat ini pemerintah daerah yakni Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri sedang melakukan validasi ratusan data tersebut. Upaya itu dilakukan melalui dinas sosial sebagai satuan kerja (satker) yang ditunjuk dan akan mengaktifkan jaminan kesehatan bagi ratusan petugas KPPS tersebut.

“Selanjutnya pihak pemkot yang akan berkomunikasi dengan BPJS Kesehatan dan akan mendaftarkan jika memang belum terdaftar dan diaktifkan bagi yang belum aktif,” sambung Wahyudi.

Sebelumnya diketahui kondisi kesehatan yang dijadikan persyaratan bagi petugas KPPS antara lain berada dalam usia 17-55 tahun. Kemudian harus mempunyai surat keterangan sehat dari penyakit kolesterol, gula darah, dan tekanan darah.

Berdasarkan pertimbangan tersebut petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan mencermati dan mempertimbangkan komorbid masing-masing petugas KPPS. Jika nantinya petugas KPPS saat hari pemilu terkena sakit dan berhalangan hadir maka PPS bertugas mencari penggantinya.

“Semisal nanti ada yang sakit dan berhalangan hadir sebelum rapat pemungutan suara dimulai (pukul 07.00 pada hari pemungutan suara) maka PPS bertugas mencarikan penggantinya,” pungkasnya.***

 

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #hasil #skrining #ratusan #petugas #kpps #punya #jaminan #kesehatan #kota #kediri #sampaikan

KOMENTAR