TKN Beri Sinyal Prabowo Tetap Tak Bersikap Menyerang pada Debat Terakhir, Utamakan Penyampaian Gagasan
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto tetap tidak akan bersikap menyerang pada debat kelima Pilpres 2024. (DOK. TKN PRABOWO-GIBRAN)
09:08
1 Februari 2024

TKN Beri Sinyal Prabowo Tetap Tak Bersikap Menyerang pada Debat Terakhir, Utamakan Penyampaian Gagasan

- Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto tetap tidak akan bersikap menyerang pada debat kelima Pilpres 2024. Dia masih tetap mengedepankan penyampaikan gagasan kepada rakyat.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Ahmad Muzani. Dia tidak memberikan sinyal jika Prabowo akan melakukan serangan-serangan pada debat terakhir.

"Yang paling penting dalam debat itu bagaimana rakyat tahu tentang program apa yang akan disampaikan oleh calon presidennya, karena debat presiden itu adalah pengganti dari garis besar haluan negara yang merupakan platform bagi pemerintahan yang akan datang," kata Muzani kepada wartawan, Kamis (1/2).

Sebagaimana diketahui, Prabowo dalam dua debat sebelumnya banyak mendapat serangan dari kompetitor, baik capres nomor urut 1 atau 3. Meski begitu, TKN mengungkap jika Prabowo enggan melakukan serangan balik walau sudah diberi masukan oleh tim.

Muzani menyampaikan, dalam debat harus tersampaikan tentang hal-hal yang akan dilakukan oleh pemerintah ke depan. Oleh karena itu, substansi dari visi dan misi harus disampaikan dengan baik.

"Debat harus menjelaskan apa dan bagaimana kalau dia terpilih dan apa dan bagaimana itu rakyat paham," kata Muzani.

"Sehingga rakyat mengerti ketika memilih Prabowo Gibran apa saja yang akan dikerjakan, dan pak Prabowo akan konsisten menjelaskan itu kepada rakyat," pungkasnya.

Sebelumnya, KPU resmi mengumumkan jadwal debat capres-cawapres 2024. Debat merupakan salah satu rangkaian dari masa kampanye Pilpres 2024 yang telah dimulai sejak Selasa (28/11/2023) dan akan berakhir pada Sabtu (10/2/2024).

Debat capres-cawapres 2024 digelar supaya publik dapat melihat sejauh mana visi-misi setiap pasangan calon dan menjadi referensi bagi para pemilih untuk dapat menentukan pilihannya.

Pelaksanaan debat capres-cawapres 2024 ini akan digelar sebanyak lima kali dengan berbagai tema dan waktu berbeda. Terdapat enam sesi dalam debat tersebut, diantaranya, sesi pembukaan, pembacaan tata tertib, penyampaian visi, misi, dan program kerja, hingga penutupan.

Jadwal dan Tema Debat Capres-Cawapres 2024:

Debat pertama
Selasa, 12 Desember 2023
Tema: Hukum, HAM, pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Debat kedua
Jumat, 22 Desember 2023
Tema: Ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, pengelolaan APBN.

Debat ketiga
Minggu, 7 Januari 2024
Tema: Pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Debat keempat
Minggu, 21 Januari 2024
Tema: Energi, SDA, SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Debat kelima
Minggu, 4 Februari 2024
Tema: Teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-COVID Society), dan ketenagakerjaan.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #beri #sinyal #prabowo #tetap #bersikap #menyerang #pada #debat #terakhir #utamakan #penyampaian #gagasan

KOMENTAR