Lalui Rute Panjang dari Jakarta sampai Vanuatu, KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 akan Lakukan Lima Kegiatan di Negara Tujuan
KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 akan melakukan sejumlah kegiatan di beberapa negara Kawasan Pasifik Selatan. Termasuk diantaranya bakti kesehatan dan open ship. (Syahrul Yunizar/JawaPos.com)
15:16
9 Oktober 2024

Lalui Rute Panjang dari Jakarta sampai Vanuatu, KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 akan Lakukan Lima Kegiatan di Negara Tujuan

 

- TNI AL menyatakan bahwa KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 yang bertolak dari Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Rabu (9/10) akan melalui rute panjang. Mulai Jakarta, Sorong, Solomon, Fiji, Vanuatu, Papua Nugini, dan kembali ke Sorong. Di setiap negara yang mereka kunjungi, kapal bantu rumah sakit itu bakal melakukan lima kegiatan. 

Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Koarmada RI) Laksamana Madya TNI Denih Hendrata menyampaikan bahwa lima kegiatan tersebut terbagi atas beberapa hal. Pertama, sesuai dengan perannya, KRI dr. Wahidin Sudirohusodo akan melakukan kegiatan bakti kesehatan. Mereka akan membagikan obat-obatan gratis dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). 

”Bakti kesehatan kami siapkan semua peralatan medis di kapal perang yaitu di KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991,” kata Denih. 

Perwira tinggi bintang tiga TNI AL itu pun menyampaikan bahwa bakti kesehatan tersebut akan disusul dengan kegiatan bantuan sosial. Menurut dia, bantuan sosial diberikan dalam bentuk perbaikan tempat ibadah. Selanjutnya, Denih menyampaikan bahwa ada kegiatan courtesy call. Menurut dia, courtesy call sudah pasti dilakukan antar Angkatan Laut. 

”Kemudian ada open ship. Kami membuka pada masyarakat untuk melihat kapal (KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991) yang kita buat ini,” jelasnya. 

Terakhir, KRI dr. Wahidin Sudirohusodo akan melakukan berbagai kegiatan interaktif dengan masyarakat dan tentara di negara-negara yang mereka kunjungi. Salah satunya adalah kegiatan olahraga bersama. Tujuannya agar awak KRI dr. Wahidin Sudirohusodo bisa kenal dan menjadi lebih dekat dengan masyarakat maupun prajurit di negara-negara yang dikunjungi.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #lalui #rute #panjang #dari #jakarta #sampai #vanuatu #wahidin #sudirohusodo #akan #lakukan #lima #kegiatan #negara #tujuan

KOMENTAR