TNI AL Kirim KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 ke Kawasan Pasifik Selatan Membawa Misi Perdamaian
KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 bersiap berangkat dari Dermaga Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara ke Kawasan Pasifik Selatan. (Syahrul Yunizar/JawaPos.com)
08:56
9 Oktober 2024

TNI AL Kirim KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 ke Kawasan Pasifik Selatan Membawa Misi Perdamaian

  - TNI AL mengirim KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 ke Kawasan Pasifik. Kapal bantu rumah sakit itu bertolak dari Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara pada Rabu (9/10). Keberangkatan kapal tersebut dilepas secara langsung oleh Panglima Komando Armada Republik Indonesia (Pangkoarmada RI) Laksamana Madya TNI Denih Hendrata.

Kepala Dinas Penerangan TNI AL (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI I Made Wira Hady Arsanta menyampaikan bahwa KRI dr. Wahidin Sudirohusodo-991 berangkat ke Kawasan Pasifik Selatan sebagai Satuan Tugas (Satgas) Port Visit 2024. Dalam pelayaran ke beberapa negara di Kawasan Pasifik Selatan, satgas tersebut dipimpin oleh Kolonel Laut (P) Arif Prasetyo Irbianto.

”Adapun negara-negara Kawasan Pasifik Selatan yang dikunjungi antara lain Solomon, Fiji, Vanuatu, dan Papua Nugini,” terang Wira.

Perwira tinggi bintang satu TNI AL itu menyampaikan bahwa Satgas Port Visit 2024 diberangkatkan untuk menjalin hubungan baik dengan negara-negara di Kawasan Pasifik Selatan. Selain itu, mereka juga diberi tugas untuk melakukan diplomasi pertahanan dan membawa misi perdamaian. Tidak hanya itu, Angkatan Laut akan melakukan beberapa kegiatan lainnya. Termasuk bakti kesehatan.

”Bakti kesehatan seperti pemberian bantuan kesehatan berupa obat-obatan dan pengobatan gratis,” ungkap Wira.

Dalam misi tersebut, TNI AL tidak bergerak sendiri. Mereka turut bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Pertahanan (Kemhan). Kapal yang membawa 177 personel itu akan berlayar lebih kurang 48 hari. (*)

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #kirim #wahidin #sudirohusodo #kawasan #pasifik #selatan #membawa #misi #perdamaian

KOMENTAR