Soroti Rencana Pemerintah Menaikan Pajak Kendaraan Bermotor, Ini Kata Politikus PKS
Anggota Komisi VII DPR RI Mulyanto 
14:31
30 Januari 2024

Soroti Rencana Pemerintah Menaikan Pajak Kendaraan Bermotor, Ini Kata Politikus PKS

- Anggota Komisi VII DPR RI Fraksi PKS, Mulyanto, menolak rencana pemerintah menaikan Pajak Kendaraan Bermotor.

Mulyanto menilai kebijakan tersebut tidak masuk akal karena akan memberatkan ekonomi masyarakat kecil.

"Kita tidak setuju dengan wacana kenaikan pajak kendaraan bermotor tersebut. Ini akan langsung memukul para pengendara motor, apalagi pengemudi ojek yang jumlahnya sangat banyak. Sebaiknya kebijakan seperti ini ditunda. Biar diputuskan oleh Presiden yang akan datang," kata Mulyanto, kepada wartawan Selasa (30/1/2024).

Mulyanto menilai, tanpa kenaikan pajak kendaraan bermotor saja daya beli masyarakat sudah lemah.

Apalagi nanti bila kebijakan ini benar-benar dilaksanakan. Besar kemungkinan masyarakat tidak mampu akan kesulitan.

"Maksud hati ingin menambah pendapatan negara, yang ada Pemerintah malah nombok karena harus menyediakan bansos yang cukup bagi masyarakat tidak mampu. Karena itu sebaiknya kebijakan ini dibatalkan," ucap Mulyanto.

"Jadi tidak usahlah Pemerintah mengangkat isu yang memberatkan rakyat ini sebagaimana disampaikan oleh Pak Luhut. Apalagi kalau beliau tidak mau dibilang jahat. Beri ruang masyarakat untuk bernafas dan merecoveri ekonomi keluarga mereka pasca pandemi Covid-19," tandas Mulyanto.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan pemerintah berencana mengerek pajak kendaraan sepeda motor bahan bakar fosil.

"Kami juga tadi rapat, berpikir sedang menyiapkan menaikkan pajak untuk kendaraan sepeda motor non listrik," katanya dalam acara peresmian perusahaan mobil listrik Build Your Dream (BYD) disiarkan secara daring, Kamis (18/1).

Menurut Luhut, rencana ini dilakukan demi mengakselerasi ekosistem kendaraan listrik sebagai upaya menekan polusi udara.

Selain itu, pajak sepeda motor yang tinggi nantinya bisa dialokasikan untuk subsidi transportasi publik seperti LRT maupun kereta api cepat.

Editor: Malvyandie Haryadi

Tag:  #soroti #rencana #pemerintah #menaikan #pajak #kendaraan #bermotor #kata #politikus

KOMENTAR