KRI Butana-878, Kapal Perang Baru TNI AL yang Tiba di Surabaya untuk Perkuat Lantamal V
KRI Butana-878 dan KRI Selar-879 saat diluncurkan dan diresmikan oleh KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali. (Dispenal)
19:32
8 Oktober 2024

KRI Butana-878, Kapal Perang Baru TNI AL yang Tiba di Surabaya untuk Perkuat Lantamal V

- Sesuai dengan proyeksi kekuatan armada kapal perang TNI AL, KRI Butana-878 merapat di Dermaga C, Komando Armada (Koarmada) II, Surabaya, Jawa Timur pada Selasa (8/10). Kapal perang baru yang dibuat di dalam negeri itu akan memperkuat Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya. Kedatangan kapal baru tersebut langsung disambut oleh Komandan Lantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Arya Delano.

Tidak lama setelah merapat di Dermaga C, Koarmada II, Arya langsung menyambut awak KRI Butana-878. Yakni Komandan KRI Butana-878 Mayor Laut (P) Mega Yudha Prabowo dan jajaran. Sebagai komandan, Arya berharap besar KRI Butana-868 dapat menjalankan peran dan fungsinya dengan baik.

Kapal tersebut akan masuk jajan kapal patroli di Lantamal V Surabaya. Dengan kemampuan yang dimiliki oleh kapal itu, dia percaya tugas tersebut bisa dilaksanakan dengan baik.

”Semoga keberadaan KRI Butana-878 di Lantamal V dapat memperkuat alutsista dalam menjaga wilayah kerja Lantamal V,” kata Arya.

Perwira tinggi bintang satu TNI AL itu menyampaikan bahwa KRI Butana-878 juga bisa dimaksimalkan untuk mendukung berbagai kegiatan operasi. Baik dalam situasi damai maupun kondisi lainnya. Diantaranya untuk mendukung operasi penegakan hukum di laut dan operasi kemanusiaan seperti pencarian dan penyelamatan atau SAR.

KRI Butana-878 merupakan salah satu jenis kapal perang patroli cepat (PC-40 M). Kapal tersebut merupakan produk dalam negeri yang dibuat oleh anak bangsa di galangan PT. Citra Shipyard, Batam, Kepulauan Riau. Adalah Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana (KSAL) TNI Muhammad Ali yang meluncurkan dan meresmikan secara langsung kapal tersebut.

KRI Butana-878 memiliki sejumlah keunggulan. Yakni dipersenjatai dengan satu unit meriam 30 milimeter dan dua unit meriam 12,7 milimeter. Tidak hanya itu, kapal tersebut dapat melaju dengan kecepatan maksimal 24 knot serta memiliki kecepatan jelajah mencapai 17 knot. Dengan ukuran yang tidak terlalu besar, KRI Butana-878 dapat beroperasi di berbagai wilayah perairan Indonesia.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #butana #kapal #perang #baru #yang #tiba #surabaya #untuk #perkuat #lantamal

KOMENTAR