Mahfud MD Dinilai Hina Ibu-bu Soal Lahirkan Anak Tak Beradab, Sosiolog Unair: Cabut, Pernyataan Tak Pantas!
Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD akan memprioritaskan pengesahan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Pekerja Rumah Tangga.
13:04
29 Januari 2024

Mahfud MD Dinilai Hina Ibu-bu Soal Lahirkan Anak Tak Beradab, Sosiolog Unair: Cabut, Pernyataan Tak Pantas!

Cawapres Mahfud MD mendapat sorotan tajam usai dinilai banyak pihak menghina ibu-ibu saat menyinggung anak yang berperilaku kurang beradab.

Dalam forum Tabrak Prof, pasangan Ganjar Pranowo itu menilai fenomena anak tumbuh tanpa adab terjadi merupakan dosa besar ibu kepada bangsa.

"Membiarkan emak-emak dan ibu-ibu untuk melahirkan anak-anak yang tidak berahlak itu adalah satu dosa besar kepada bangsa ini." kata Mahfud dilansir dari YouTube Kompas TV, Senin (29/1/2024).

Menanggapi pernyataan itu, Sosiolog Universitas Airlangga (Unair), Novri Susan menilai pernyataan Mahfud MD sangat tidak pantas.

"Ungkapan ini sungguh enggak layak, bagi seorang pendidik, seorang akademisi, dan sebagai orang tua. Semoga Prof Mahfud yang saya hormati bisa mencabut ungkapan yang sangat tidak layak itu," ujar Novri dalam akun TikTok, @novrisusan.

Novri selama ini hanya melihat dinamika Pilpres 2024. Namun, ia merasa terganggu dengan pernyataan Mahfud tersebut.

Dirinya juga menyampaikan pernyataan Mahfud keluar pasca debat cawapres. Novri menilai makna pernyataan itu ditujukkan kepada Iriana Jokowi dan Gibran.

Ditanya Dokter Tirta Contekan Saat Debat, Cak Imin Jawab Bulkonah: Cheat GTA?

Namun, Novri menyebut pernyataan tersebut juga menyakiti perasaan seluruh ibu-ibu yang berjuang keras melahirkan dan membesarkan anaknya.

Dengan menahan tangis, Novri menyampaikan betapa penting dan mulianya perjuangan setiap ibu. Ia juga menekankan bahwa zama sudah berubah, dan gaya serta ide anak muda saat ini tentu berbeda dengan di masa lalu.

"(Pernyataan Mahfud) juga mengarah kepada ibu-ibu yang selama ini mendukung anak-anak muda untuk tumbuh, anak-anak muda memiliki cara baru, ide baru yang berbeda bagi kita," kata Novri.

"Saya punya banyak mahasiswa dan mereka sering komen negatif, Alhamdulillah sampai sekarang tetap bisa doakan mereka, saya tak pernah memusuhi mereka," tambahnya.

Editor: Ronald Seger Prabowo

Tag:  #mahfud #dinilai #hina #soal #lahirkan #anak #beradab #sosiolog #unair #cabut #pernyataan #pantas

KOMENTAR