Cek Pasukan Pakai Mobil Maung, Momen Jokowi Jadi Inspektur Upacara Terakhir di HUT ke-79 TNI Jelang Lengser
Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara HUT ke-79 TNI di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). (Suara.com/M. Yasir)
09:56
5 Oktober 2024

Cek Pasukan Pakai Mobil Maung, Momen Jokowi Jadi Inspektur Upacara Terakhir di HUT ke-79 TNI Jelang Lengser

Presiden Joko Widodo atau Jokowi memimpin upacara HUT ke-79 TNI di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024). Ini merupakan momen terakhir Jokowi bertindak sebagai ispektur upacara pada perayaan HUT TNI karena 20 Oktober 2024 mendatang ia akan lengser dari jabatannya sebagai kepala negara.

PantauanKomando Pasukan Khusus atau Danjen Kopassus Mayjen TNI Djon Afriandi bertindak sebagai komandan upacara. Terlihat Jokowi bersama Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Mayjen TNI Djon Afriandi berkeliling mengecek pasukan menggunakan mobil Maung buatan PT Pindad.

Sebagaimana diketahui, upacara ini diikuti lebih dari 100 ribu personel TNI. Mereka terdiri dari tiga matra, yakni Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU).

Acara HUT ke-79 TNI juga dihadiri masyarakat umum. Mereka yang hadir nampak antusias menyaksikan parade militer, defile alutsista, terjun payung, hingga fly pass.

Baca Juga: 10 Tahun Jokowi, Perpres Publisher Rights Lahir demi Jaga Industri Pers

Dari pantauan Suara.com juga terlihat turut hadir dalam upacara HUT ke-79 TNI presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka. Kemudian jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju di antaranya; Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Hadi Tjahjanto, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Menko Marves Luhut Binsat Panjaitan dan jajaran menteri lainnya.

Nampak juga hadir Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala Staf TNI AD (KSAD) Jenderal Maruli Simanjuntak, KSAL Laksamana Muhammad Ali dan KSAU Marsekal Tonny Harjono.

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #pasukan #pakai #mobil #maung #momen #jokowi #jadi #inspektur #upacara #terakhir #jelang #lengser

KOMENTAR