Jelang Peringatan HUT ke-79 Besok, TNI Tegaskan Komitmen untuk Terus Modernisasi Alutsista
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Komandan Upacara Mayjen TNI Djon Afriandi memeriksa pasukan dalam gladi bersih Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2024). (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
18:32
4 Oktober 2024

Jelang Peringatan HUT ke-79 Besok, TNI Tegaskan Komitmen untuk Terus Modernisasi Alutsista

- Menjelang HUT ke-79 TNI pada 5 Oktober 2024, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Mayjen TNI Hariyanto memastikan bahwa modernisasi TNI terus berlangsung. Itu dilakukan pada berbagai aspek. Termasuk modernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI. Saat ini pemerintah melalui Kementerian Pertahanan (Kemhan) terus menambah dan memperbarui alutsista TNI.

Keterangan tersebut ditegaskan oleh Hariyanto saat diwawancarai oleh awak media pada Jumat (4/10). Menurut dia, TNI di bawah komando Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto terus berbenah diri.

”Modernisasi TNI itu sekarang kami terus berbenah dengan kemampuan anggaran yang dimiliki oleh TNI,” kata Hariyanto.

TNI juga bangga karena saat ini semakin banyak alutsista yang dibuat oleh perusahaan industri pertahanan dalam negeri.

”Kita harus berbangga bahwa banyak yang sudah dibuat oleh anak bangsa dan kita kemarin sudah sama-sama menyaksikan mendapat bantuan dari Kemhan untuk tiga matra,” kata dia.

Belum lama, Kemhan melalui Wakil Menteri Pertahanan (Wamenhan) Muhammad Herindra memang menyerahkan ratusan alutsista baru untuk TNI. Terdiri atas berbagai kendaraan tempur (ranpur) buatan dalam negeri serta kendaraan taktis (rantis) yang juga dibuat oleh anak-anak bangsa. Termasuk diantaranya Medium Tank Harimau yang dikembangkan dan diproduksi secara langsung oleh PT Pindad di Bandung, Jawa Barat.

”Untuk pembaruan-pembaruan yang kami miliki saat ini, mungkin lambat laun kami akan terus menggunakan produksi dalam negeri untuk (meningkatkan) profesionalisme prajurit kita,” ujar jenderal bintang dua TNI AD itu.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #jelang #peringatan #besok #tegaskan #komitmen #untuk #terus #modernisasi #alutsista

KOMENTAR