Ahmad Muzani jadi Ketua MPR, Ini Komposisi Wakil Ketua dari Fraksi Parpol dan DPD RI
Suasana sidang Paripurna MPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10/2024). (Miftahul Hayat/Jawa Pos)
11:08
3 Oktober 2024

Ahmad Muzani jadi Ketua MPR, Ini Komposisi Wakil Ketua dari Fraksi Parpol dan DPD RI

  Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani akan dilantik menjadi Ketua MPR RI periode 2024-2029. Hal ini setelah seluruh fraksi di MPR RI bersekapat menunjuk Ahmad Muzani sebagai Ketua MPR RI, menggantikan Bambang Soesatyo alias Bamsoet.   "Semalam kita sudah rapat gabungan antar fraksi-fraksi dan kelompok anggota MPR, di mana menyepakati pak Ahmad Muzani secara bulat, secara musyawarah menjadi Ketua MPR periode 2024-2029 dan masing-masing partai sudah mengusulkan calon wakil ketua MPR," kata Anggota MPR RI, Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10).  

  Muzani akan didampingi oleh delapan Wakil Ketua MPR RI dari fraksi partai politik dan fraksi DPD RI. Adapun, delapan Wakil Ketua MPR RI itu yakni, Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul dari fraksi PDIP, Kahar Muzakir dari fraksi Partai Golkar, Rusdi Kirana dari fraksi PKB, Eddy Soeparno dari fraksi PAN, Hidyaat Nur Wahid dari fraksi PKS, Lestari Moerdijat dari fraksi Partai Nasdem, Eddy Baskoro Yudhoyono alias Ibas dari fraksi Partai Demokrat dan Abcandra Muhammad Akbar Supratman dari fraksi DPD RI.   "Kemungkinan besar memang itu yang akan ditetapkan. Tidak ada simpang-simpangan lagi, sudah nama itulah," ucap Habiburokhman.  

  Habiburokhman pun menyebut, DPD RI menunjuk Abcandra Muhammad Akbar Supratman sebagai Wakil Ketua MPRI fraksi DPD RI setelah menggelar voting yang cukup kompleks. Menurutnya, Abcandra merupakan Wakil Ketua MPR RI termuda pada periode 2024-2029.   Abcandra Akbar juga merupakan anak dari politikus Partai Gerindra Supratman Andi Agtas yang saat ini menjabat sebagai Menteri Hukum dan HAM (Menkumham).   "Nanti pimpinan MPR sementara akan mengonfirmasi kepada seluruh anggota MPR, apakah setuju dengan keputusan yang dibuat saat rapat gabungan tadi malam, insya Allah setuju," pungkasnya.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #ahmad #muzani #jadi #ketua #komposisi #wakil #ketua #dari #fraksi #parpol

KOMENTAR