Sebelum Pulang ke Solo, Jokowi Resmikan Bendungan dan Pos Lintas Batas Negara dan Bertemu Iriana Kecil di NTT
WILAYAH TERLUAR: Presiden Joko Widodo didampingi sejumlah pejabat menteri dan penjabat kepala daerah saat meninjau Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan di Kabupaten Timor Tengah Utara, NTT (2/10). (MUCLHIS JR/SETPRES)
10:40
3 Oktober 2024

Sebelum Pulang ke Solo, Jokowi Resmikan Bendungan dan Pos Lintas Batas Negara dan Bertemu Iriana Kecil di NTT

- Presiden Joko Widodo kemarin (2/10) mengunjungi wilayah terluar tanah air di Nusa Tenggara Timur. Agendanya adalah meresmikan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Terpadu Napan di Timor Tengah Utara (TTU), NTT. Selain itu, presiden meresmikan Bendungan Temef di TTU.

Di Bendungan Temef, Jokowi bertemu dengan seorang siswa SD bernama Riana Aprilia Kesnai. Jokowi merasa bertemu dengan Iriana kecil. "Ini seperti Bu Jokowi (waktu) kecil," tuturnya.

Siswa kelas V SDN Pening itu berperawakan kecil. Berkulit gelap. Rambutnya dikucir sehingga tidak keluar dari topi merah putihnya. "Kalau Bu Jokowi itu namanya Iriana. Ini Riana. Feeling saya benar kan," kata Jokowi dan disambut gelak tawa.

Tugas Riana kali ini adalah menghafal Pancasila. Dia pun lantang melafalkan lima sila dengan mikrofon. Hadiah untuk si pemberani tersebut adalah sepeda dari kepala negara.

Riana adalah salah satu dari puluhan siswa yang menyambut Jokowi dan rombongan di Bendungan Temef. Bendungan itu dibangun sejak 2017 lalu. Dengan luasan 298 hektare, bendungan tersebut diharapkan dapat menampung air sebanyak 45 juta meter kubik. "Air sangat vital. Karena dengan air, kita bisa menanam padi, singkong, jagung. Kunci kemakmuran di NTT itu adalah air," ujarnya.

Setelah meresmikan Bendungan Temef, Jokowi dan rombongan menuju PLBN Terpadu Napan menggunakan helikopter. Total ada tiga heli yang membawa rombongan. Saat peresmian, Jokowi menyebut pembangunan PLBN sudah diinstruksikan sejak 10 tahun lalu.

"Perbatasan adalah beranda depan negara Indonesia. Yang mewakili wajah negara," ucapnya. Tidak hanya untuk citra negara, pembangunan tersebut juga sebagai pertahanan Indonesia sekaligus meningkatkan titik ekonomi baru.

"Dari 2015 sampai 2024 telah dibangun 15 pos lintas batas negara," sebutnya. Total Jokowi telah meresmikan tujuh PLBN yang dibangun selama 2020–2024. Anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp 1,3 triliun.

Perjalanan Jokowi berlanjut ke RSUD Kefamenanu dan Pasar Rakyat Kefamenanu. Di dua tempat itu, masyarakat membeludak menyambut Jokowi. Teriakan untuk meminta foto atau kaus berkumandang. Di RSUD Kefamenanu, Jokowi meminta direktur rumah sakit membuat banyak ruangan. Pemerintah pusat berjanji memberikan alat kesehatan yang dapat menunjang layanan medis. (lyn/c17/bay)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #sebelum #pulang #solo #jokowi #resmikan #bendungan #lintas #batas #negara #bertemu #iriana #kecil

KOMENTAR