Resmi Jabat Kapuskersin TNI, Peraih Trisakti Wiratama Kolonel Laut (P) Donny Suharto Pecah Bintang jadi Laksamana Pertama
Potret Laksamana Pertama TNI Donny Suharto yang mendapat kenaikan pangkat dari kolonel. (Dok. TNI)
12:48
28 September 2024

Resmi Jabat Kapuskersin TNI, Peraih Trisakti Wiratama Kolonel Laut (P) Donny Suharto Pecah Bintang jadi Laksamana Pertama

- Kolonel Laut (P) Donny Suharto resmi menyandang pangkat Laksamana Pertama TNI setelah dilantik sebagai Kepala Pusat Kerjasama Internasional (Kapuskersin) TNI. Mantan Paban II/Orstra Sops TNI itu menggantikan Marsma TNI Imam Subekti sebagai Kapuskersin. Pada Jumat (27/9), dia melaporkan kenaikan pangkat kepada Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Letjen TNI Richard T. H. Tampubolon.

Kenaikan pangkat Donny bersamaan dengan 36 perwira tinggi lainnya. Itu dilakukan berdasar pada Surat Perintah Panglima TNI Nomor Sprin/1996/IX/2024 tertanggal 26 September 2024.

”Dengan rincian 18 perwira tinggi TNI AD, 12 perwira tinggi TNI AL, dan enam perwira tinggi TNI AU,” ungkap Kabidpenum Puspen TNI Kolonel Laut (P) Agung Saptoadi melalui keterangan resmi yang dikutip oleh JawaPos.com pada Sabtu (28/9).

Laksamana Pertama TNI Donny Suharto adalah salah satu dari puluhan perwira tinggi (TNI) tersebut. Dia pecah bintang alias mendapatkan promosi jabatan sekaligus kenaikan pangkat dari kolonel menjadi laksamana pertama.

”Laksma TNI Donny Suharto sebagai Kapuskersin TNI,” tulis Agung.

Donny merupakan salah satu perwira berprestasi di TNI AL. Dia merupakan penerima anugerah Trisakti Wiratama sebagai salah satu lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut (AAL) 1996.

Tidak sampai di situ, reputasinya di bidang strategi militer semakin kuat setelah dia menyelesaikan pendidikan di Warfare and Strategy Course (WSC) 2022 dengan predikat terbaik. Beberapa tahun terakhir, perwira yang pernah menjabat sebagai Komandan Pusat Latihan Operasi Laut Kodiklat TNI AL itu dikenal sebagai sosok yang memiliki visi jauh ke depan, khususnya dalam bidang kerjasama internasional dan teknologi pertahanan.

Oleh karena itu, pengangkatannya sebagai Kapuskersin TNI dianggap tepat. ”Penunjukan Donny sebagai Kapuskersin TNI datang di tengah situasi yang semakin dinamis dan kompleks di kawasan Indo-Pasifik. Ketegangan yang meningkat akibat persaingan kekuatan besar, terutama di wilayah Laut China Selatan dan perairan sekitarnya, menjadikan diplomasi militer sebagai salah satu alat penting dalam menjaga stabilitas dan menghindari potensi konflik,” ungkap pemerhati isu-isu militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISSES) Khairul Fahmi.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #resmi #jabat #kapuskersin #peraih #trisakti #wiratama #kolonel #laut #donny #suharto #pecah #bintang #jadi #laksamana #pertama

KOMENTAR