Dari Tiket Konser Hingga Jet Pribadi: Deretan Gratifikasi Mewah Jerat Menteri Singapura
Ilustrasi profil S Iswaran Menteri Singapura (Facebook/S Iswaran)
10:52
28 September 2024

Dari Tiket Konser Hingga Jet Pribadi: Deretan Gratifikasi Mewah Jerat Menteri Singapura

Sosok  Menteri Singapura S Iswaran sedang jadi sorotan publik usai terseret kasus korupsi, gratifikasi, hingga hadiah layanan pesawat jet. Bagi yang ingin mengenalnya, berikut ini profil S Iswaran Menteri Singapura.

Baru-baru ini, Singapura yang dikenal sebagai salah satu dari beberapa negara yang tingkat korupsinya paling sedikit ini dikejutkan dengan kasus korupsi yang dilakukan oleh Menteri Transportasi S Iswaran. Saat ini, Iswaran telah mengundurkan dari jabatannya.

Dalam sidang perdananya yang berlangsung pada Selasa (24/9), S Iswaran telah mengakui kesalahannya karena menerima sejumlah hadiah saat Ia menjabat. Dari mulai layanan pesawat jet hingga tiket konser music.

Seiring dengan ramainya pemberitaan tentang Menteri  S Irawat yang tengah diadili karena terseret korupsi, mari simak juga berikut ini profil S Iswaran Menteri Singapura yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Sikap Pimpinan KPK Dicap Kekanak-kanakan Usut Kasus Jet Pribadi Kaesang, MAKI: Gampang Ngambek!

Profil S Iswaran Menteri Singapura

Subramaniam Iswaran merupakan pria  kelahiran Chennai India pada tahun 1962. S Iswaran pindah ke Singapura mengikuti keluarganya. Ia tercatat pernah sekolah di Saint Andrew's School dan National Junior College serta S1 di University of Adelaide dan S2 di Universitas Harvard.

Sebelum masuk dunia politik, Iswaran pernah menjabat Wakil Presiden Senior sekaligus Direktur Pelaksana di Temasek Holdings  (2003-2006). Selain itu, Ia juga menjabat Direktur Perdagangan Internasional di Kementerian Perdagangan dan Industri.

Tak berhenti sampai disitu, S Iswaran juga pernah menjabat Kepala Eksekutif Asosiasi Pembangunan India Singapura, dan Direktur Pengembangan Strategis di Singapore Technologies pada 1996 hingga 1998.

Kemudian S Iswaran pun menjabat sebagai Menteri Transportasi Singapura. Namun jabatannya sebagai Menteri Tranportasi ini harus terhenti karena Ia terlibat kasus korupsi. Selama menjabat, Iswaran diduga menerima sejumlah hadiah.

Baca Juga: Drama Kaesang Nebeng Jet Pribadi Bikin KPK Lempar Tanggung Jawab, MAKI: Kekanak-kanakan!

Ia pun lantas menjalani sidang. Dalam sidang tersebut, S Iswaran mengaku bersalah karena memperoleh barang sejumlah hadiah saat sedang menjabat. Adapun hadiah yang diterimanya yaitu berupa tiket pertandingan sepak bola tahun 2015-2018.

Selain tiket bola, Ia juga menerima puluhan tiket Grand Prix Formula 1 Singapura serta puluhan tiket konser musik di Inggris pada tahun 2015-2021. Ia juga mendapat layanan jet pribadi ke Doha, Qatar, dan akomodasi lainnya pada Desember 2022.

Demikian ulasan mengenai profil S Iswaran Menteri Singapura yang saat ini tengah diadili karena kasus korupsi, gratifikasi hingga layanan jet pribadi. Semoga informasi ini bermanfaat!

Kontributor : Ulil Azmi

Editor: M. Reza Sulaiman

Tag:  #dari #tiket #konser #hingga #pribadi #deretan #gratifikasi #mewah #jerat #menteri #singapura

KOMENTAR