Jokowi Apresiasi TNI-Polri Atas Pembebasan Pilot Susi Air Philip Mehrtens dari KKB: Negosiasi Panjang Tanpa Represif
Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens (dua dari kanan) usai dibebaskan dari KKB. (Mabes Polri)
15:08
21 September 2024

Jokowi Apresiasi TNI-Polri Atas Pembebasan Pilot Susi Air Philip Mehrtens dari KKB: Negosiasi Panjang Tanpa Represif

- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan rasa syukurnya atas pembebasan Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, yang berhasil diselamatkan setelah disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) selama 1,5 tahun. Proses pembebasan ini, menurut Presiden, melalui negosiasi panjang tanpa menggunakan tindakan represif.

"Ini merupakan proses negosiasi yang sangat panjang dan memerlukan kesabaran kita untuk tidak bertindak represif," ujar Presiden di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Sabtu (21/9/2024).

Presiden Jokowi memberikan apresiasi tinggi kepada TNI dan Polri atas kerja keras mereka dalam memastikan keselamatan Kapten Philip. "Yang kita prioritaskan adalah keselamatan pilot. Saya sangat mengapresiasi proses panjang yang dilakukan oleh TNI dan Polri dengan sangat baik," tambahnya.

Setelah dibebaskan, Kapten Philip akan menjalani pemeriksaan kesehatan di rumah sakit sebelum diterbangkan kembali ke Selandia Baru, negara asalnya. Menurut Presiden, penanganan awal terhadap Kapten Philip telah dilakukan dengan pengecekan psikologis untuk memastikan kesehatannya pasca-penyanderaan.

"Setelah tiba dari Yuguru, dia akan dibawa ke rumah sakit untuk pemeriksaan kesehatan sebelum diterbangkan," kata Presiden Jokowi.

Momen pembebasan ini sangat mengharukan, terutama bagi keluarga Kapten Philip. Ia sempat melakukan video call dengan istrinya di Bali setelah dibebaskan. Air mata kebahagiaan tak tertahan saat Kapten Philip melihat dan mendengar suara keluarganya yang sangat dirindukan.

Kapten Philip disandera oleh KKB yang dipimpin Egianus Kogoya. Setelah berbulan-bulan di bawah ancaman, pembebasan ini menjadi simbol harapan dan kemenangan melalui kesabaran serta strategi negosiasi.

Editor: Dhimas Ginanjar

Tag:  #jokowi #apresiasi #polri #atas #pembebasan #pilot #susi #philip #mehrtens #dari #negosiasi #panjang #tanpa #represif

KOMENTAR