KSAL Umumkan Nama Dua Kapal Perang Baru TNI AL, KRI Lukas Rumkorem-392 dan KRI Raja Haji Fisabilillah-391
KRI Lukas Rumkorem-392 dan KRI Raja Haji Fisabilillah-391, dua kapal perang baru TNI AL. (Dispenal)
18:08
20 September 2024

KSAL Umumkan Nama Dua Kapal Perang Baru TNI AL, KRI Lukas Rumkorem-392 dan KRI Raja Haji Fisabilillah-391

- Dalam acara launching dan shipnaming dua kapal perang baru TNI AL, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengumumkan nama kedua kapal buatan dalam negeri. Kapal tersebut yakni KRI Lukas Rumkorem-392 dan KRI Raja Haji Fisabilillah-391. Kedua kapal tersebut menambah deretan alat utama sistem persenjataan (alutsista) baru TNI AL.

Kedua kapal tersebut akan ditempatkan di Satuan Eskorta (Satkor) Komando Armada (Koarmada) III yang bermarkas di Sorong, Papua Barat Daya. KSAL menyampaikan bahwa kedua kapal tersebut merupakan pengadaan dari Kementerian Pertahanan (Kemhan). Dari Kemhan, alutsista baru yang dibuat oleh PT Daya Radar Utama (DRU) itu diserahkan kepada TNI AL.

”Kapal ini merupakan program pengadaan dari Kementerian Pertahanan, yang mana dari Bapak Menhan sendiri sudah komitmen ingin memperkuat TNI Angkatan Laut, karena negara kita negara kepulauan maka kita harus mempunyai unsur-unsur atau kapal-kapal yang mempunyai kemampuan deterrence yang tinggi,” kata Ali.

Orang nomor satu di TNI AL itu menyampaikan bahwa KRI Lukas Rumkorem-392 dan KRI Raja Haji Fisabilillah-391 merupakan kapal jenis Offshore Patrol Vessel (OPV) 90 meter yang disiapkan menjadi kapal patroli sekaligus kapal kombatan. Keunggulan kedua kapal itu adalah punya kecepatan tinggi dan bisa beroperasi di seluruh wilayah perairan Indonesia.

Pemilihan PT DRU sebagai galangan kapal yang membangun dua kapal perang tersebut tidak lepas dari komitmen pemerintah. Yakni mendukung cita-cita mewujudkan industri pertahanan (inhan) dalam negeri yang kuat dan tangguh. Selain itu, TNI AL juga berusaha mendukung kemandirian pertahanan dalam negeri dalam Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Editor: Edy Pramana

Tag:  #ksal #umumkan #nama #kapal #perang #baru #lukas #rumkorem #raja #haji #fisabilillah

KOMENTAR