Cek Fakta: Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia untuk Melegalkan Pernikahan Sesama Jenis, Benarkah?
Pemimpin Takhta Suci Vatikan Paus Fransiskus (tengah) melambaikan tangan sebelum meninggalkan Indonesia di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Jumat (6/9/2024). [ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/nym]
09:12
20 September 2024

Cek Fakta: Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia untuk Melegalkan Pernikahan Sesama Jenis, Benarkah?

Sebuah akun Facebook bernama Zie Zian baru-baru ini memposting gambar infografik dari Sindonews dengan narasi yang menyatakan bahwa, kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia untuk melegalkan pernikahan sesama jenis.

“Inilah misi paus datang ke Indonesia Melegalkan pernikahan sesama jenis (homo) Dan para munafikun beramai ramai cium tangan paus.” narasi dalam postingan yang diunggah pada (05/09/2024) itu.

Namun setelah ditelusuri, informasi dalam narasi tersebut tidak benar. Melansir dari turnbackhoax.id dalam artikel berjudul “[SALAH] Paus Fransiskus Datang ke Indonesia untuk Melegalkan Pernikahan Sesama Jenis” yang dipublikasikan pada 19 September 2024, tidak ditemukan bukti bahwa Paus Fransiskus mengeluarkan pernyataan tentang pernikahan sesama jenis selama kunjungannya ke Indonesia.

Tangkapan layar facebook yang mengklaim Paus melegalkan pernikahan sesama jenis di Indonesia (Foto: Facebook/Zie Zian)Tangkapan layar facebook yang mengklaim Paus melegalkan pernikahan sesama jenis di Indonesia (Foto: Facebook/Zie Zian)

Selama kunjungan apostolik Paus Fransiskus ke Indonesia dari 3 hingga 6 September 2024, tidak ada pernyataan atau tindakan terkait legalisasi pernikahan sesama jenis.

Baca Juga: Dukung Musim Tanam Jawa Timur, Pupuk Indonesia Ajak Petani Tebus Pupuk Bersubsidi

Adapun kunjungan tersebut, didasarkan pada hubungan bilateral antara Indonesia dan Vatikan, sebagaimana diungkapkan oleh juru bicara panitia kunjungan, Romo Thomas Ulun Ismoyo.

Pernyataan yang beredar di media sosial terkait Paus Fransiskus melegalkan pernikahan sesama jenis selama kunjungannya ke Indonesia adalah salah.

Artikel Sindonews yang menyebutkan Paus Fransiskus menyarankan gereja Katolik untuk memberkati pasangan sesama jenis adalah berita dari Oktober 2023 dan tidak terkait dengan kunjungan ke Indonesia.

Kesimpulan: Klaim bahwa Paus Fransiskus datang ke Indonesia untuk melegalkan pernikahan sesama jenis adalah tidak benar dan menyesatkan. Kunjungan Paus ke Indonesia tidak terkait dengan isu tersebut.

Baca Juga: Ranking Timnas Indonesia Meroket, PM Malaysia Semprot FAM

Editor: Bella

Tag:  #fakta #kedatangan #paus #fransiskus #indonesia #untuk #melegalkan #pernikahan #sesama #jenis #benarkah

KOMENTAR