PDIP Respons Hasan Nasbi yang Samakan Kaesang Dengan Megawati Soal Jet Pribadi: Tidak Produktif
Ketua DPP PDIP Said Abdullah. 
15:27
19 September 2024

PDIP Respons Hasan Nasbi yang Samakan Kaesang Dengan Megawati Soal Jet Pribadi: Tidak Produktif

- Ketua DPP PDIP Said Abdullah, merespons pernyataan Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan Hasan Nasbi yang menyamakan penggunaan jet pribadi Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep dengan Presiden ke-5 RI sekaligus Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

Dia menilai tidak ada gunanya untuk menanggapi polemik jet pribadi.

"Saut bersautan itu yang tidak produktif untuk apa juga," kata Said di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (19/9/2024).

Said mengingatkan bahwa Megawati pernah menggunakan jet pribadi untuk perjalanan kebangsaan.

Sehingga, Said menegaskan tidak substansi jika dibandingkan dengan peristiwa yang dialami Kaesang. 

"Kalau soal jet pribadi kan Kaesang sudah menjelaskan ke KPK, respons istana bahwa Ibu Mega dan sebagainya, ya biasa saja. Itu kan lagi perjalanan kebangsaan, kita kan tidak substansial," pungkas Said.

Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi, turut menyinggung sejumlah tokoh dalam kasus private jet atau jet pribadi putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep.

Tokoh tersebut yakni Presiden Ke-5 RI Megawati Soekarnoputri, Puan Maharani, hingga mantan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Bahkan, Jubir TKN Gibran ini juga menyinggung Wakil Presiden Ke-10 RI, Jusuf Kalla.

Mereka, kata Hasan, juga pernah menggunakan private jet.

Namun, Hasan heran mengapa hanya Kaesang yang menjadi bulan-bulanan publik.

Tapi kalau mau fair termasuk juga teman-teman media kalau mau trial by the press untuk Mas Kaesang, libatkan juga dong yang lain, biar fair masyarakat melihatnya."

Ini kalau hanya untuk Mas Kaesang kemudian mereka heboh, tapi untuk yang lain Ibu Mega, Pak Mahfud, Ibu Puan dan yang lain-lain, mereka enggak ambil pusing," kata Hasan pada Rabu (18/9/2024), dikutip dari Kompas.com.

Hasan menilai, posisi Megawati dengan Kaesang saat ini cenderung mirip.

"Megawati adalah seorang tokoh publik yang merupakan ibu dari mantan Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dan Ketua DPR RI saat ini, Puan Maharani. Sama halnya ketika Kaesang dianggap sebagai anak Presiden Joko Widodo yang masih menjabat saat ini.

"Terus orang bilang Ibu Mega bukan pejabat publik, Kaesang juga bukan pejabat publik. Kira-kira posisinya relatif mirip-mirip lah," ujar Hasan.

Hal itu diungkapkan hasan, mengingat banyaknya video di media sosial yang menunjukan Megawati tengah turun dari sebuah jet pribadi.

Karena dari media-media yang kita baca, misalnya, dari tayangan-tayangan bahkan video-video yang kita lihat, Ibu Mega kerap kali menggunakan private jet di dalam negeri maupun luar negeri," imbuh Hasan.

Selain itu, ada Mahfud MD dan Jusuf Kalla yang juga sempat menaiki private jet.

"Pak Mahfud misalnya, dan beliau mengakui sendiri beliau sering naik private jet dan lebih sering naik private jet Pak Jusuf Kalla, atau misalnya kita bisa lihat yang lain-lain, lah, tokoh-tokoh publik yang masih menjabat bahkan, yang naik private jet tapi ketika itu enggak heboh," tutur Hasan.

Atas viralnya jet pribadi Kaesang, Hasan pun merasa adanya peradilan sepihak dari media (trial by the press).

Editor: Adi Suhendi

Tag:  #pdip #respons #hasan #nasbi #yang #samakan #kaesang #dengan #megawati #soal #pribadi #tidak #produktif

KOMENTAR