Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS 2024 Sudah Dapat di Cek! Berikut Alasan Kenapa Kamu Tidak Lolos Administrasi
Seleksi Administrasi CPNS 2024. (BKN)
07:48
19 September 2024

Pengumuman Seleksi Administrasi CPNS 2024 Sudah Dapat di Cek! Berikut Alasan Kenapa Kamu Tidak Lolos Administrasi

Setelah melewati huru hara proses pendaftaran CPNS mulai tanggal 20 Agustus 2024 dan yang seharusnya ditutup pada tanggal 6 September 2024, diundur menjadi 10 September 2024 akibat permasalahan pembelian e-materai hingga terdapat perubahan bisa memakai materai tempel.

Sebab dikabarkan bahwa CPNS 2024 memiliki formasi lowongan terbanyak daripada tahun sebelumnya. Masyarakat pun berbondong-bondong untuk mendaftarkan diri. 

Hingga tiba pengumuman seleksi administrasi secara bertahap sampai tanggal 20 September 2024. Banyak yang masyarakat yang tidak lolos administrasi dikarenakan terindikasi Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Beberapa alasan kenapa kamu tidak lolos administrasi.

  1. Ukuran Foto

Pastikan anda telah mengunggah pas foto dengan ukuran atau rasio yang telah ditentukan sesuai dengan instansi. Jika instansi meminta ukuran 4x6 cm anda wajib upload foto dengan ukuran tersebut.

  1. Pakaian pas foto

Banyak masyarakat tidak membaca dengan detail mengenai baju apa yang harus dipakai untuk pas foto. Kalaupun yang diminta berupa kemeja putih dan kerudung hitam, unggahlah berkas dengan memakai pakaian tersebut. Jangan malah ngide upload yang pakai jas, dasi, dan lain-lainnya.

  1. Surat Akreditasi Perguruan Tinggi 

Sejujurnya ini sudah di make sure diawal banget dan sempat viral akan pertanyaan tentang hal ini. Secara keseluruhan dari berbagai instansi sudah menyatakan bahwa surat akreditasi sesuai dengan tahun kelulusan anda. Jika kamu lulusan tahun 2023 pastikan anda mengirim surat akreditasi perguruan tinggi di tahun itu juga.

  1. Surat Lamaran 

Terdapat dua opsi dalam membuat surat lamaran yaitu ditulis tangan dan diketik. Nah, untuk memastikan anda harus membuat dengan ditulis tangan atau diketik pastikan membaca surat edaran dari masing-masing instansi anda. Karena setiap instansi memiliki perbedaan dalam pembuatan surat lamaran.

 

  1. Surat Pernyataan 

Lagi lagi harus teliti apa yang mereka minta. Jika instansi yang anda daftar menyuruh melampirkan surat keterangan sehat, maka lampirkanlah. Karena bisa saja surat pernyataan anda sudah tervalidasi benar akan tetapi karena tidak memposting surat keterangan sehat anda jadi tidak lolos administrasi. 

Berdasarkan Plt Kepala BKN Nomor 5900/B-KS.04.01/SD/K/2024 masa sanggah dapat dilakukan dari  tanggal 20 September 2024 Pukul 00.01 s.d. 22 September 2024 Pukul 23.59. Keterangan Jadwal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan, mengikuti yang ada pada aplikasi https://sscasn.bkn.go.id/.

Dapat dicatat yah jadwal masa sanggah yang sudah tertera dan anda dapat memanfaatkan peluang tersebut jika memang dokumen kalian sudah sesuai yang diminta instansi tetapi tiba-tiba dinyatakan tidak lolos. 

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #pengumuman #seleksi #administrasi #cpns #2024 #sudah #dapat #berikut #alasan #kenapa #kamu #tidak #lolos #administrasi

KOMENTAR