OPM Tawarkan Proposal Pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens, Kodam Cenderawasih: Ucapan dan Tindak Tidak Sinkron
Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, yang ditawan KKB sejak tanggal 7 Pebruari lalu.(Antara)
18:40
18 September 2024

OPM Tawarkan Proposal Pembebasan Pilot Susi Air Philip Mark Mehrtens, Kodam Cenderawasih: Ucapan dan Tindak Tidak Sinkron

- Kodam XVII/Cenderawasih merespons rencana Organisasi Papua Merdeka (OPM) untuk membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens. Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVII/Cenderawasih Letkol Infanteri Candra Kurniawan menyatakan bahwa sejak awal prioritas aparat keamanan dari Polri dan TNI adalah keselamatan korban. Untuk itu, mereka sangat hati-hati.

Sejak 7 Februari 2023, Philip menjadi sandera OPM. Warga negara Selandia Baru itu diserang oleh kelompok tersebut saat mengantarkan penumpang ke Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. Sejak hari itu, dia menjadi sandera OPM.

"Apabila benar akan dibebaskan, tentunya bersyukur karena keselamatan pilot sebagai prioritas dan terhindar dari korban jiwa," ungkap dia. Candra menyatakan bahwa selama ini yang menjadi prioritas aparat keamanan adalah keselamatan pilot tersebut.

"Yang menahan atau menyandera pilot awalnya dari gerombolan OPM, namun kini gerombolan OPM akan membebaskan pilot dengan alasan kemanusiaan, sehingga antara tindakan dan pernyataan tidak sinkron atau tidak sesuai," jelasnya.

Perwira menengah dengan dua kembang di pundak itu menyatakan bahwa sejak awal aparat keamanan selalu mengedepankan dialog dan misi kemanusiaan.

"Pada dasarnya misi kemanusiaan dari aparat keamanan untuk melindungi dan menyelamatkan pilot dan masyarakat, sehingga gerombolan OPM tidak perlu melebar kemana-mana jika benar-benar akan membebaskan pilot Susi Air," kata dia.

Sebelumnya, Juru Bicara OPM Sebby Sambom menyampaikan bahwa pihaknya sudah menyiapkan proposal untuk membebaskan Philip. Dalam proposal tersebut turut disertakan simulasi proses pembebasan dan penyerahan pilot.

Lewat proposal yang sama, mereka mengajukan beberapa syarat. Total ada delapan poin syarat yang diajukan oleh OPM.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #tawarkan #proposal #pembebasan #pilot #susi #philip #mark #mehrtens #kodam #cenderawasih #ucapan #tindak #tidak #sinkron

KOMENTAR