Kaesang Ngaku Nebeng Jet Pribadi Teman, Jokowi Lagi-lagi Sebut Semua Warga sama di Mata Hukum, Sinyal Apa?
Kaesang Ngaku Nebeng Pesawat Temannya, Jokowi Lagi-lagi Sebut Semua Warga sama di Mata Hukum, Kenapa? (YouTube/Kaesang)
12:00
18 September 2024

Kaesang Ngaku Nebeng Jet Pribadi Teman, Jokowi Lagi-lagi Sebut Semua Warga sama di Mata Hukum, Sinyal Apa?

Presiden Joko Widodo alias Jokowi angkat bicara perihal kedatangan putra bungsunya, Kaesang Pangarep ke KPK pada Selasa (17/9/2024) kemarin guna mengklarifikasi soal penggunaan pesawat jet pribadi alias private jet. Dalam klarifikasinya, Kaesang mengaku menumpang alias nebeng pesawat jet milik rekannya berinisial Y. 

Perihal klarifikasi Kaesang di KPK, Jokowi hanya menanggapi secara singkat. 

Terkait skandal jet pribadi yang kini menyeret putra bungsunya itu, Jokowi mengutip soal equality before the law alias semua manusia setara di mata hukum. 

"Saya kan sudah menyampaikan semua warga negara sama di mata hukum. Ya itu saja," singkat Jokowi di Jakarta, Rabu (18/9/2024). 

Baca Juga: Nyelekit! Plesetkan KBBI jadi "Kamus Besar Bokisin Indonesia", Iwa K Sindir Ucapan Nebeng Kaesang: Owalah Pantes...

Diketahui, ucapan soal kedudukan yang sama di mata hukum juga sempat diucapkan Jokowi usai Kaesang dilaporkan ke KPK atas dugaan gratifikasi penggunaan jet pribadi. 

Ngaku Nebeng Pesawat Teman

Kemarin, Kaesang mendadak mendatangi KPK guna mengklarifikasi soal penggunaan pesawat jet pribadi yang belakangan sempat menjadi sorotan publik. 

Putra bungsu Presiden Jokowi itu mengakiu kedatangannya ke KPK merupakan inisiatif pribadi, bukan karena panggilan ataupun undangan dari komisi antirasuah.

Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (tengah) menjawab pertanyaan jurnalis usai memberikan klarifikasi terkait jet pribadi di Gedung ACLC Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (17/9/2024). (ANTARA FOTO/Reno Esnir).Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep (tengah) menjawab pertanyaan jurnalis usai memberikan klarifikasi terkait jet pribadi di Gedung ACLC Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Selasa (17/9/2024). (ANTARA FOTO/Reno Esnir).

Selain itu, Kaesang juga membeberkan jika perjalanannya ke Amerika Serikat dengan Erina Gudono hanya menumpang jet pribadi milik rekannya.

Baca Juga: Trending! Ngaku Nebeng tapi Teman Pemilik Pesawat Jet Tak Ikut, Kaesang Ledek Publik?

"Tadi saya juga di dalam mengklarifikasi mengenai perjalanan saya di tanggal 18 Agustus ke Amerika Serikat, yang numpang atau bahasa beken-nya nebenglah, nebeng pesawatnya teman saya," ujarnya.

Tak Ada Teman Kaesang di Daftar Penumpang Pesawat

Klarifikasi Kaesang soal penggunaan jet pribadi juga diungkap oleh KPK. 

Direktur Bidang Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan sebelumnya menyebut Kaesang hanya nebeng temannya yang berinisial Y saat menggunakan jet pribadi ke AS.

“Inisial Y kalau nggak salah depannya, tapi kita nggak tahu nih, bener nggak nama lengkapnya ini, WNI apa WNA atau apa. Jadi dia bilang pesawat punya siapa, nanti kita konfirmasi lagi,” kata Pahala kepada wartawan, Selasa.

Namun, dalam klarifikasi yang disampaikan Kaesang kepada KPK, hanya ada empat orang yang disebutkan naik jet pribadi tersebut. Mereka ialah Kaesang, istrinya yaitu Erina Gudono, kakak Erina yaitu Nadya Gudono, dan seorang staf.

“Jadi Kaesang, istrinya, kakak istrinya, dan stafnya. Jadi berempat,” ujar Pahala.

Meski mengaku cuma nebeng, Kaesang  tidak menyampaikan nama temannya berinisial Y sekaligus pemilik jet pribadi sebagai salah satu orang yang ikut berpergian dengannya ketika itu. 

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #kaesang #ngaku #nebeng #pribadi #teman #jokowi #lagi #lagi #sebut #semua #warga #sama #mata #hukum #sinyal

KOMENTAR