Viral Gibran Sebut Jokowi Tak Tularkan Gemar Baca Buku, Anies Baswedan Unggah Soal Ayahnya tentang Membaca
Anies Baswedan menyampaikan permohonan maaf kepada warga yang memintanya maju kembali di Pilkada Jakarta 2024 namun akhirnya batal. (YouTube Anies Baswedan)
23:32
17 September 2024

Viral Gibran Sebut Jokowi Tak Tularkan Gemar Baca Buku, Anies Baswedan Unggah Soal Ayahnya tentang Membaca

- Eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyinggung perihal kesukaan membaca buku yang diajarkan orang tuanya saat dahulu. Hal itu ia sampaikan saat media sosial X ramai membincangkan Wakil Presiden RI terpilih Gibran Rakabuming Raka yang mengaku tak suka membaca.

Pengakuan Gibran yang tak suka membaca itu dikuak kembali oleh netizen X berdasarkan jejak digitalnya saat masih menjadi pengusaha sebelum terjun ke dunia politik.   Saat itu, Gibran tengah meluncurkan Pojok Baca di salah satu oultet Markobar miliknya dan mengundang presenter Najwa Shihab untuk melakukan semacam talkshow dengannya.  

  Saat itu, Najwa kemudian bertanya tentang cara orang tuanya, yakni Presiden Joko Widodo, menunjukkan agar anaknya suka membaca di rumah.    Namun, alih-alih menjawab pertanyaan itu, Gibran jujur menjawab bahwa Jokowi tak pernah menunjukkan atau memintanya agar suka membaca buku.   "Kalau saya sendiri sih jujur aja orangnya apa ya, nggak suka baca," ujarnya yang disambut gelak tawa penonton saat itu.   Anak sulung Jokowi itu juga kemudian mengatakan hanya suka baca komik. Saat ditanya lebih lanjut mengenai apakah Jokowi menularkan kesukaan membaca buku di rumah, Gibran blak-blakan bahwa budaya membaca buku di rumahnya itu tidak ada.    Semenantara itu, Anies melalui saluran WhatsApp bercerita baru saja diberikan sepeda oleh komunitas Bike to Work (B2) yang diberi nama Raleigh Lady's 1970'.   "Katanya terinspirasi dari cerita masa kecil saya, saat Ayah mengizinkan main sepeda kalau mau ke perpustakaan saja," ujarnya di saluran WhatsApp, dikutip Selasa (17/9).   "Dulu ini cara orang tua saya agar anaknya suka membaca," pungkasnya yang seolah malah menjawab pertanyaan Najwa saat itu kepada Gibran. 

Editor: Nurul Adriyana Salbiah

Tag:  #viral #gibran #sebut #jokowi #tularkan #gemar #baca #buku #anies #baswedan #unggah #soal #ayahnya #tentang #membaca

KOMENTAR