Anies Baswedan Bicara Bahayanya Jejak Digital saat Bermedia Sosial, Sindir Akun 'Fufufafa'
Anies Baswedan saat memberi pemaparan ke sejumlah anak muda di UGM, Senin (9/9/2024). [Suarajogja.id/Hiskia]
20:40
9 September 2024

Anies Baswedan Bicara Bahayanya Jejak Digital saat Bermedia Sosial, Sindir Akun 'Fufufafa'

Anies Baswedan menyoroti penggunaan media sosial (medsos) di era sekarang. Hal ini sekaligus menyinggung tentang rekam jejak digital yang dapat menimbulkan masalah di masa mendatang.

Hal tersebut disampaikan mantan Gubernur DKI Jakarta itu saat menjadi narasumber dalam acara Talk Show Interaktif BPM FEB UGM x Swaragama bersama mahasiswa di Wisma Kagama, Senin (9/9/2024).

Meski tak menyebut secara gamblang, Anies seolah turut menyinggung ramai-ramai fenomena akun Kaskus 'Fufufafa' dalam belakangan terakhir. Pasalnya akun tersebut dalam waktu terakhir tengah dikuliti terus oleh netizen.

Pada awalnya, Anies diminta oleh moderator untuk memberi saran pada generasi muda terkait penggunaan medsos. Dia menyebut tak sedikit kasus anak muda yang mencoba kritis justru menimbulkan ujaran kebencian dan hal negatif lain.

Baca Juga: Gagal Pilkada, Anies Baswedan 'Pulang Kampus': Pilih Diskusi atau Siapkan Kejutan?

"Gampang aja, sudah ada contohnya. Jangan ditiru, nanti Anda akan dapat masalah di kemudian hari. Betul nggak? Jadi gunakan [media sosial] ini dengan bertanggung jawab," kata Anies.

"Kalau hari ini anda ngatain apa saja di sini, apalagi lupa password, anda akan mendapat masalah yang luar biasa, bener nggak?" tanya Anies melanjutkan.

Kondisi itu akan berbeda jika kemudian seseorang memilih untuk bijak dalam beraktivitas di medsos. Jejak digital itu berpotensi kecil untuk menimbulkan masalah di masa mendatang ketika digali.

"Tapi kalau yang anda tulis di sini adalah gagasan, yang anda tulis di sini adalah pikiran ke depan, kepedulian, sampai kapan pun anda tidak akan pernah takut untuk di-review atas apa yang semua anda tulis hari ini," ungkapnya.

Dia meningatkan kepada semua pihak untuk tetap bijak menggunakan dan menulis di medsos.

Baca Juga: Tak Gentar Dipolisikan Relawan Gibran, Rocky Gerung Sebut Laporan Absurd hingga Dinasti Jokowi Doyan Lapor, Kenapa?

"Jangan sampai anda tulis hari ini nanti anak cucu malu," tandasnya.

Diketahui, nama Gibran Rakabuming baru-baru ini dikaitkan dengan akun Kaskus bernama Fufufafa. Jejak digital dikuliti netizen yang menduga bahwa akun tersebut adalah miliknya, Gibran Rakabuming justru nampak anteng bermain futsal bersama sang adik, Kaesang Pangarep.

Beberapa waktu lalu, jejak digital akun Fufufafa menjadi viral di X. Dalam unggahannya, akun ini beberapa kali menyampaikan komentar tak pantas dan menohok terkait Prabowo dan keluarganya.

Berbagai teori muncul di X dan menyebut bahwa pemilik akun Kaskus Fufufafa adalah Gibran Rakabuming. Pasalnya, beberapa unggahan di akun tersebut nampak mengarah pada putra sulung Jokowi tersebut.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #anies #baswedan #bicara #bahayanya #jejak #digital #saat #bermedia #sosial #sindir #akun #fufufafa

KOMENTAR