Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka, Berapa Batas Usia yang Memenuhi Syarat untuk Melamar?
Ilustrasi CPNS - Formasi CPNS 2023 (Dok. ANTARA)
20:08
20 Agustus 2024

Pendaftaran CPNS 2024 Dibuka, Berapa Batas Usia yang Memenuhi Syarat untuk Melamar?

Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS sudah dibuka sejak 20 Agustus 2024. Hal ini tentu kabar baik bagi masyarakat dan pencari kerja untuk melamar di institusi pemerintahan tersebut.

Banyak formasi yang ditawarkan di setiap kabupaten kota. Hal ini juga yang menarik fresh graduate untuk berkompetisi mengikuti jalannya seleksi.

Tak dipungkiri banyak dari masyarakat yang masih ragu untuk melamar CPNS karena persoalan usia. Di bawah ini akan dijelaskan batas usia pelamar CPNS yang akan dihelat 2024 ini.

Batas Usia Pendaftaran

Baca Juga: Pendaftaran CPNS BPK 2024 Sudah Dibuka, Ini Jurusan yang Dibutuhkan

Secara umum, batas usia untuk mendaftar CPNS 2024 adalah minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat pendaftaran. Ketentuan ini berlaku untuk sebagian besar formasi yang dibuka.

Namun ada beberapa formasi yang memberikan batas usia lebih besar, di antaranya dokter spesialis, dokter gigi spesialis, dosen, peneliti, dan pereka, memiliki batas usia maksimal yang lebih tinggi, yaitu 40 tahun.

Batas usia pelamar CPNS ini bukan tanpa alasan. Batas usia maksimal ditetapkan untuk mendapatkan calon pegawai yang memiliki semangat kerja yang tinggi dan potensi untuk berkembang lebih baik.

Bahkan di era modern dengan bergantung pada teknologi harus disesuaikan untuk lebih baik ke depannya.

Di sisi lain dengan adanya batas usia, diharapkan terjadi regenerasi pegawai sehingga organisasi tetap dinamis dan inovatif.

Baca Juga: Tahapan Seleksi CPNS 2024, Ini Alur Pendaftaran yang Harus Diketahui

Tips Sukses Daftar CPNS

Tak dipungkiri setiap kali pendaftaran CPNS dibuka, nyaris ribuan hingga ratusan ribu orang mendaftar. Berikut beberapa tips yang bisa dipersiapkan untuk berkompetisi di instansi pemerintah nantinya:

-Persiapkan Diri dengan Baik: Mulai mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari, seperti meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan mengikuti tes-tes simulasi.

-Pahami Syarat dan Ketentuan: Baca dengan cermat seluruh persyaratan yang tercantum dalam pengumuman resmi.

-Lengkapi Dokumen Persyaratan: Pastikan semua dokumen persyaratan sudah lengkap dan valid.

-Ikuti Proses Seleksi dengan Baik: Berikan yang terbaik pada setiap tahap seleksi.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #pendaftaran #cpns #2024 #dibuka #berapa #batas #usia #yang #memenuhi #syarat #untuk #melamar

KOMENTAR