Selain Sebagai Karya Seni Bernilai Tinggi, Ini Kelebihan Membeli Karpet Handmade Berbahan Alami Untuk Ruangan
Kelebihan Membeli Karpet Handmade dari Timur Tengah (Dok. Istimewa)
13:54
20 Januari 2024

Selain Sebagai Karya Seni Bernilai Tinggi, Ini Kelebihan Membeli Karpet Handmade Berbahan Alami Untuk Ruangan

Fungsi permadani bukan hanya sekadar penutup lantai atau alas duduk kala bersantai saja. Disebutkan Interior & Architecture Consultant, Kaleem Ahmed, S. Ds. M. Ars, benda yang dikenal sebagai karpet ini juga bisa dibilang sebagai fondasi interior di dalam rumah.

Karpet kata dia sifatnya dapat menyatukan dan menghubungkan seluruh ruangan sehingga terlihat lebih estetik. Terlebih, penggunaan karpet jug memiliki manfaat tersendiri bagi penghuni rumah. 

"Ini berlaku untuk karpet yang dibuat melalui proses panjang yang dirajut oleh tangan para pengrajin. Karpet rajutan tangan selain memiliki unsur estetika yang menambah nilai kepribadian dalam rumah, juga bisa mempengaruhi sisi spiritual," pungkasnya. 

Lantas, apa saja kelebihan karpet buatan tangan atau handmade yang dapat menjadi bahan pertimbangan ketika ingin membeli untuk keperluan dekorasi rumah? Berikut daftarnya.

1. Diproses dengan Doa Suci

Malik Mahboob Ahmed, Maestro Permadani dan pemilik Alhamd Carpet mengatakan, karpet-karpet yang dibuat melalui proses panjang dan dirajut tangan para pengerajin dari beberapa negara, seperti Iran, Pakistan, Khasmir dan Afghanistan, dibuat melalui proses doa-doa suci. Bahkan perajut perempuan yang sedang datang bulan tidak diperbolehkan merajut.

“Harus menunggu sampai haid selesai untuk bisa kembali merajut karpet. Sebab proses merajut sama seperti melakukan sebuah ritual yang di dalamnya ada unsur sabar, ikhtiar, dan tawakal,” ucapnya.

2. Bagi Muslim, Karpet Disebut 'Properti Surga'

Rais Syuriyah PBNU, KH. Nurul Yaqin menyampaikan permadani juga disebut dalam Alquran dan Hadist sebagai bagian dari ‘properti surga’.

“Permadani mendapat tempat khusus dalam kebudayaan masyarakat Muslim. Apalagi, ayat Alquran menjanjikan surga yang di dalamnya terhampar permadani bagi umat yang bertakwa,” ungkap KH. Nurul Yaqin.

“Mereka berbaring di atas permadani yang bagian dalamnya (terbuat) dari sutera tebal. Buah-buahan di kedua surga itu (dapat) dipetik dari dekat.’‘ (QS: AR Rahman: 54).

3. Berfungsi Sebagai Filter Ruangan

Banyak salah kaprah di tengah masyarakat yang menyebut jika karpet dapat memicu alergi. Padahal, jika membeli karpet asli yang terbuat dari bahan alami dan dirajut dengan tangan, karpet justru bisa menjadi filter ruangan.

"Kata dokter betul karpet bikin alergi tapi bukan karpet yang rajut tangan dan bahan alam. Tapi yang bahan-bahan sintetis, akrilik. Kalau alami, bulu-bulu sebagai pelindung bukan penyebab penyakit," jelas Malik.

Karpet asli, lanjut Kaleem justru bisa menjadi filter. Debu justru menempel di bawah karpet dan mengunci. Kalau tidak ada karpet, justru bisa membuat karema debunya beterbangan.

4. Sebagai Produk Benilai Seni Tinggi

Pembuatan karpet harus melalui melalui proses panjang dan dirajut langsung oleh tangan para pengerajin dari beberapa negara, seperti Iran, Pakistan, Khasmir dan Afghanistan. Tak heran jika karpet juga disebut sebagai karya seni, terlebih memiliki motif yang indah dari bahan-bahan alami seperti sutera.

Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Alhamd Carpet yang tokonya berada di kawasan Radio Dalam Jakarta Selatan telah hadir di Indonesia sejak 1990. Dengan berbagai cerita menarik dibelakangnya, Alhamd Carpet ternyata sudah melegenda.

Sebab, Alhamd Carpet telah melayani enam Presiden Indonesia, bahkan dalam menyambut tamu dunia dalam Konferensi Asia Afrika (KAA) bulan April 2005. Hal ini tak lepas dari unsur seni dalam desain interior ruang yang memberikan sentuhan indah, nyaman dan mewah.

Editor: Dinda Rachmawati

Tag:  #selain #sebagai #karya #seni #bernilai #tinggi #kelebihan #membeli #karpet #handmade #berbahan #alami #untuk #ruangan

KOMENTAR