Presiden Jokowi dan Iriana Pakai Baju Adat Kutai Takwo Kustim Saat Upacara 17 Agustus di IKN
Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi mengenakan baju adat Kutai takwo kustim saat upacara HUT RI ke-79 di IKN (YouTube/Sekretariat Negara)
10:40
17 Agustus 2024

Presiden Jokowi dan Iriana Pakai Baju Adat Kutai Takwo Kustim Saat Upacara 17 Agustus di IKN

Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi mengenakan baju adat Kutai saat upacara HUT RI ke-79 di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Sabtu (17/8/2024). Pakaian Presiden Jokowi ini dinamakan baju adat takwo kustim yang berasal dari Kalimantan Timur, sesuai lokasi IKN.

Berdasarkan penelusuran Suara.com, baju adat takwo ternyata memiliki simbol bangsawan. Dulunya, pakaian adat ini hanya boleh dikenakan oleh raja dan keturunannya. Jika lelaki atau perempuan mengenakan pakaian adat takwo kustim, maka itu tandanya mereka adalah keturunan bangsawan.

Bahan baju adat Takwo ini adalah kain beludru atau linen berwarna hitam. Jenis baju adat takwo ada 3, yakni baju takwo biasa, takwo sebelah dan takwo kustim untuk pengantin.

Adapun takwo biasa merupakan pakaian adat Kutai untuk perempuan. Sedangkan baju takwo sebelah dibuat untuk laki-laki. Sedangkan takwo kustim biasa dipakai untuk pasangan pengantin.

Baca Juga: Aaliyah Massaid Ikut Upacara HUT Ke-79 RI di IKN Dikomentari: Bukan Kaleng-kaleng

Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi mengenakan baju adat Kutai takwo kustim saat upacara HUT RI ke-79 di IKN (YouTube)Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi mengenakan baju adat Kutai takwo kustim saat upacara HUT RI ke-79 di IKN (YouTube)

Khusus untuk perempuan, baju adat takwo dikenakan dengan rok kurung panjang. Sedangkan untuk laki-laki mengenakan bawahan dodot dengan bermotif batik dan celana panjang.

Warna baju adat takwo adalah hitam, terbuat dari kain beludru atau linen. Detail pakaian ini biasa ditambah ukiran emas untuk menambah kesan mewah di bagian lengan.

Presiden Jokowi dan Iriana juga terpantau mengenakan desain ukiran emas di baju adat takwo kustim yang dikenakan. Ukiran emas di baju Jokowi berada di bagian dada dan lengan.

Tak hanya itu, baju adat yang biasa digunakan bangsawan ini juga sering dilengkapi dengan aksesoris berupa pin dari kesultanan.

Sementara itu, baju adat takwo kustim yang dikenakan Presiden Jokowi dan Iriana memiliki makna kebesaran. Ini karena pakaian adat ini adalah warisan kasultanan Kutai.

Baca Juga: Daftar Ucapan Selamat HUT RI Ke-79 Dalam Bahasa Inggris

Meski dulu hanya bisa dipakai oleh para raja, namun seiiring berjalannya waktu, baju adat takwo kustim ini bisa dikenakan oleh masyarakat umum.

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #presiden #jokowi #iriana #pakai #baju #adat #kutai #takwo #kustim #saat #upacara #agustus

KOMENTAR