Liburan Edukasi di Kebun Raya Bogor: Jelajahi Wajah Baru Taman Soedjana Kassan, Ada Relief Garuda dari 12 Ribu Tanaman!
Kebun Raya Bogor Revitalisasi Taman Soedjana Kassan (Dok. Kebun Raya Bogor)
19:51
15 Agustus 2024

Liburan Edukasi di Kebun Raya Bogor: Jelajahi Wajah Baru Taman Soedjana Kassan, Ada Relief Garuda dari 12 Ribu Tanaman!

Menikmati hamparan rerumputan luas dengan beraneka ragam pepohonan bersama keluarga di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat menjadi salah satu alternatif berlibur bersama keluarga. 

Apalagi, baru-baru ini, Kebun Raya Bogor yang tak henti melakukan berbagai inovasi, baru saja merevitalisasi Taman Soedjana Kassan dalam bentuk yang baru nan filosofis. 

Menggandeng Bakti Lingkungan Djarum Foundation (BLDF), revitalisasi ini dilakukan untuk menjaga konservasi alam sekaligus meningkatkan sisi wisata edukasi dan pelayanan kepada pengunjung. 

"Revitalisasi ini merupakan bentuk kepedulian BLDF terhadap pentingnya menjaga area hijau serta menjadikan taman sebagai sebuah sarana edukasi bagi masyarakat luas. Kami juga bangga bisa turut berperan dalam melakukan pelestarian di area Kebun Raya Bogor yang memiliki koleksi flora yang begitu kaya dan khususnya di Taman Soedjana Kassan," ujar Director – Communications Djarum Foundation, Mutiara Diah Asmara.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Anime Edukasi yang Bisa Membuatmu Pengen Belajar Lagi

Kebun Raya Bogor Revitalisasi Taman Soedjana Kassan (Suara.com/Dinda Rachmawati)Kebun Raya Bogor Revitalisasi Taman Soedjana Kassan (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Proses revitalisasi oleh Djarum Foundation dimulai sejak bulan September 2023 dan proses revitalisasi selesai pada bulan November 2023. Kemudian bulan Desember 2023 taman ini sudah dibuka untuk umum.

Penasaran dengan keistimewaan Taman Soedjana Kassan yang sayang jika dilewatkan saat ke Kebun Raya Bogor? Berikut beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui.

1. Dibangun Pada 17 Mei 1985

Taman Soedjana Kassan merupakan salah satu taman non koleksi di Kebun Raya Bogor yang memiliki keistimewaan tersendiri. Taman ini dibangun pada 18 Mei 1985 sebagai penghargaan terhadap Soedjana Kassan, salah seorang kurator di Kebun Raya Bogor pada tahun 1949-1959 yang kemudian menjadi orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Kebun Raya Bogor (1959-1969). 

2. Terdapat Ornamen Burung Garuda

Baca Juga: Salut! Sinergi Tim PPK Ormawa Unej dan Pemkab Jember pada Sosialisasi Rumah Peduli Iklim

Di taman dengan luas 11.754 meter persegi ini, pengunjung bisa melihat monumen patung Soedjana Kassan, serta ornamen taman yang ditata dalam satu relief besar berbentuk replika Burung Garuda Pancasila.

Ini merupakan simbol dari Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang berada di tengah-tengah taman. Menariknya, relief besar berbentuk replika Burung Garuda Pancasila ini dibentuk dari warna-warni kombinasi berbagai jenis tumbuhan penutup tanah yang jumlahnya mencapai 12.100. 

3. Ornamen Burung Garuda Dihiasi 8 Tanaman Outdoor

Kebun Raya Bogor Revitalisasi Taman Soedjana Kassan (Suara.com/Dinda Rachmawati)Kebun Raya Bogor Revitalisasi Taman Soedjana Kassan (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Taman ini memiliki pemandangan lanskap berbagai tanaman antara lain Aerva Merah (Aerpa sp.), Legistrum Kuning (Ligustrum sinense ‘sunshine’), Rombusa Mini (Tabernaemontana corymbosa ‘dwarf’), Rombusa Putih (Tabernaemontana sp. ‘variegata’), Serut Merah (Loropetalum lanceum), Kucai Mini (Ophiopogon sp.), Pandan Kuning (pandanus pygmaeus), dan Teh-tehan variegata (Acalypha siamensis 'variegata').

Tanaman-tanaman ini telah dipilih sebagai tanaman outdoor yang paling tepat karena tidak memiliki bila terkena sinar matahari langsung.

4. Mengidentifikasi Tumbuhan Secara Digital

Untuk meningkatkan sisi edukasi wisata, pengunjung juga bisa mengenal berbagai tumbuhan di taman ini secara digital. Caranya hanya tinggal me-scan QR, kemudian pengunjung bisa mengaksesnya. Mulai dari nama tumbuhannya, asal tumbuhannya, kategori, penyebaran serta manfaatnya.

5. Bakal Jadi Spot yang Menarik

Taman Soedjana Kassan merupakan salah satu spot menarik yang berada di Kebun Raya Bogor. Selain memiliki nilai sejarah yang tinggi, revitalisasi taman ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan sisi edukasi wisata serta pelayanan terhadap pengunjung agar taman ini terlihat semakin menarik.

Selain itu, revitalisasi taman ini juga dilakukan untuk melestarikan dan menjaga konservasi alam. “Kami juga ingin membangun awareness publik terkait eksistensi Taman Soedjana Kassan di Kebun Raya Bogor, baik dari sisi sejarah maupun edukasi lingkungan," ujar Direktur KebunRaya.id, Marga Anggrianto.

Editor: Farah Nabilla

Tag:  #liburan #edukasi #kebun #raya #bogor #jelajahi #wajah #baru #taman #soedjana #kassan #relief #garuda #dari #ribu #tanaman

KOMENTAR