Makna Kode 4 Jari, Diduga Tanda Cut Intan Nabila Minta Tolong usai Disiksa Armor Toreador
Potret Cut Intan Nabila dan Armor Toreador (Instagram/galerys_studio)
11:00
14 Agustus 2024

Makna Kode 4 Jari, Diduga Tanda Cut Intan Nabila Minta Tolong usai Disiksa Armor Toreador

Dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dialami selebgram Cut Intan Nabila tengah menjadi perbincangan luas. Pasalnya Intan yang baru saja melahirkan anak ketiga itu mengaku sudah menahan semua penyiksaan yang dialami selama 5 tahun dinikahi Armor Toreador.

"Selama ini saya bertahan karna anak, ini bukan pertama kalinya saya mengalami KDRT, ada puluhan video lain yang saya simpan sebagai bukti," tulis Intan di Instagram-nya, dikutip pada Rabu (14/8/2024).

Kabar terkini menyebut Armor sebagai terduga pelaku sudah ditangkap. Beberapa advokat muda seperti Yakup Hasibuan dan Sangun Ragahdo juga terpantau ikut memberi atensi terhadap kasus Intan.

Cut Intan Nabila dianiaya suami sendiri [Instagram/@cut.intannabila]Cut Intan Nabila dianiaya suami sendiri [Instagram/@cut.intannabila]

Di sisi lain, kasus KDRT ini juga membuat warganet memerhatikan lebih detail unggahan-unggahan Intan. Salah satunya postingan ketika Intan memamerkan ASI perah yang disiapkannya untuk sang anak bungsu.

Baca Juga: Viralkan Tampang Suami Cut Intan Nabila Pelaku KDRT, Pandawara: Sampah Satu Ini Belum Kami Angkut!

"Lagi seneng post kegiatan menyusui gapapa ya, biar busui ini bahagia," tutur Intan di kolom caption.

Tampak mantan atlet anggar itu dengan telaten menata kantong-kantong ASIP-nya di sebuah wadah. Semua kantong itu terlihat penuh oleh ASIP yang sudah pasti bermanfaat untuk tumbuh kembang sang anak.

Warganet tampak bersyukur karena Intan masih bisa memproduksi banyak ASI sekalipun mengalami KDRT dari Armor. Namun bukan cuma itu, belakangan warganet juga menyoroti kode 4 jari yang diduga diperlihatkan Intan.

"Kalian nyadar gak sih pas dia slow kan videonya dia ngasih kode 4 jari, berarti dia memang butuh bantuan," komentar @/mut***.

Lebam di tangan Cut Intan Nabila dan kode 4 jari diduga bentuk permintaan tolong usai jadi korban KDRT oleh Armor Toreador. (Instagram/@cut.intannabila)Lebam di tangan Cut Intan Nabila dan kode 4 jari diduga bentuk permintaan tolong usai jadi korban KDRT oleh Armor Toreador. (Instagram/@cut.intannabila)

Beberapa warganet pun baru menyadari isyarat yang diduga sengaja diperlihatkan Intan sebagai bentuk permintaan tolong. Meski berjalan cepat, sekilas memang terlihat gestur 4 jari di tangan kiri Intan, tepatnya saat sang selebgram tengah menata ASIP-nya.

Baca Juga: Putrinya Jadi Korban KDRT, Ayah Cut Intan Nabila Merasa Tertipu dengan Sikap Armor Toreador: Saya Lihat Anaknya Baik

Namun sebenarnya, apa makna dari kode 4 jari yang diduga sebagai bentuk permintaan tolong Intan?

Dikutip dari berbagai sumber, kode 4 jari atau dikenal juga sebagai 4 fingers up adalah sinyal permintaan tolong (signal for help) yang pertama kali diperkenalkan oleh Canadian Women's Foundation pada 14 April 2020.

Tujuan utama kode 4 jari adalah untuk memerangi kasus KDRT yang dinilai meningkat selama masa pandemi Covid-19. Lalu seiring berjalannya waktu, kode ini awam dipakai untuk sinyal permintaan bantuan yang dilakukan dengan cara membuat gerakan buka tutup dengan 4 jari. 

Editor: Nur Khotimah

Tag:  #makna #kode #jari #diduga #tanda #intan #nabila #minta #tolong #usai #disiksa #armor #toreador

KOMENTAR