Prosedur dan Harga Vasektomi yang Akan Dijalani Anji Manji usai Diceraikan Wina Natalia
Anji Manji dan keluarganya (Instagram/duniamanji)
21:32
28 Juli 2024

Prosedur dan Harga Vasektomi yang Akan Dijalani Anji Manji usai Diceraikan Wina Natalia

Anji Manji menyatakan bahwa dirinya berminat melakukan vasektomi. Keinginan ini disampaikan Anji usai resmi bercerai dengan Wina Natalia pada 18 Juli 2024 lalu.

Sontak, pernyataan Anji mau vasektomi tersebut cukup mengejutkan banyak pihak. Apalagi, Anji mengungkapkan bahwa ia ingin melakukan vasektomi karena dorongan sang anak, Saga Omar Nagata.

“Saga pokoknya cuma bilang, ‘Enggak apa-apa (bercerai), tapi aku pengen dua hal’. Kata dia pertama pokoknya jangan berubah kondisi di rumah dan yang kedua dia minta ‘Manj jangan punya anak lagi’. Dan itu di depan ibunya dan di depan kakak-kakaknya,” curhat Anji di YouTube Deddy Corbuzier.

Alhasil, demi ingin memenuhi keinginan sang anak inilah timbul niat Anji untuk vasektomi. Namun, apa sebenarnya yang disebut dengan vasektomi? Berapa biayanya di Indonesia? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Anji Pernah Lukai Hati Adiknya, Vicky Prasetyo Minta Selesaikan Lewat Tanding Tinju

Bagaimana prosedur vasektomi?

Anji Manji  (Instagram/duniamanji)Anji Manji (Instagram/duniamanji)

Vasektomi adalah prosedur bedah kecil yang dilakukan untuk mencegah kehamilan dengan cara memutus saluran yang membawa sperma dari testis ke uretra. Prosedur ini sering dianggap sebagai bentuk kontrasepsi permanen untuk pria.

Selama vasektomi, dokter akan membuat sayatan kecil di skrotum, memotong, dan mengikat saluran vas deferens, yang merupakan saluran tempat sperma mengalir.

Prosedur ini umumnya dilakukan dengan bius lokal dan pasien bisa pulang pada hari yang sama setelah operasi.

Selama operasi, dokter juga bisa menggunakan teknik laparoskopi atau non-scalpel untuk meminimalisir ketidaknyamanan.

Baca Juga: Anji Manji Ingin Lakukan Vasektomi Demi Penuhi Permintaan Anak, Berapa Kisaran Biayanya?

Setelah vasektomi, dibutuhkan waktu sekitar 8 hingga 12 minggu untuk memastikan sperma sepenuhnya tidak ada dalam ejakulasi. Proses pemulihan relatif cepat, dengan banyak pasien melaporkan kembali ke aktivitas normal dalam beberapa hari.

Berapa biaya vasektomi di Indonesia?

Anji Manji  (Instagram/duniamanji)Anji Manji (Instagram/duniamanji)

Biaya vasektomi bisa berbeda-beda, tergantung tempat atau dokter yang Anda pilih. Namun, kisaran harga vasektomi di Indonesia adalah Rp11 juta.

Supaya aman, persiapkan tambahan biaya 20%–40% dri harga awal untuk berjaga-jaga jika lebih mahal.

Selain keinginan sang anak, Anji juga mengaku bahwa vasektomi sepertinya bisa menjadi pertimbangan yang baik mengingat dirinya ingin lebih banyak berkarya.

“Itu permintaan anak gue, satu, dan yang kedua gue nggak  bisa membayangkan gue udah 46 kan, gue lagi pengen eksplorasi karya, project, mau bikin bisnis, tiba-tiba gue mesti punya baby lagi, harus menghadapi baby blue lagii, gue ja lagi ngerasa waktu gue kurang,” pungkasnya.

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #prosedur #harga #vasektomi #yang #akan #dijalani #anji #manji #usai #diceraikan #wina #natalia

KOMENTAR