Tips Aman Pakai Retinol dan Niacinamide secara Bersamaan, Selamat Tinggal Iritasi!
Ilustrasi skincare, retinol. (Freepik)
10:37
26 Juli 2024

Tips Aman Pakai Retinol dan Niacinamide secara Bersamaan, Selamat Tinggal Iritasi!

Retinol dan niacinamide menjadi dua bahan skincare yang popluler belakangan ini. Keduanya sama-sama bagus untuk kulit dan boleh digunakan secara bersamaan.

Pasalnya kombinasi retinol dan niacinamide dapat memberikan hasil maksimal dan lebih efektif untuk kulit. Retinol bermanfaat untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, tapi di sisi lain dapat menyebabkan kulit kering, kemerahan, dan iritasi.

Nah, niacinamide dapat mengatasi masalah-masalah tersebut dengan membantu menghidrasi kulit. Jika kamu ingin coba mengunakannya secara bersamaan, yuk ikuti tips berikut yang dirangkum dari laman Byrdie.

1. Temukan satu produk yang mencakup keduanya

Baca Juga: Sama-Sama Bagus untuk Kulit, Bolehkah Pakai Retinol dan Niacinamide secara Bersamaan?

Ini adalah cara terbaik dan paling sederhana untuk memadukan retinol dan niacinamide, yakni pilih produk dengan formula yang memiliki keduanya.

"Ini memastikan bahwa kedua versi dari setiap bahan berpadu dengan baik, stabil, dan tidak memiliki bahan lain yang dapat meniadakan manfaatnya," kata Rachel Nazarian, MD , adalah dokter kulit bersertifikat di Schweiger Dermatology.

Ilustrasi skincare, retinol. (Freepik)Ilustrasi skincare, retinol. (Freepik)

2. Aplikasikan dari yang paling cair ke pekat

Jika kamu berencana menggunakan dua produk terpisah, aplikasikan dari produk yang paling tipis ke yang paling tebal. Misal toner dan esens berbahan dasar air digunakan sebelum serum. Atau serum digunakan sebelum pelembap.

3. Coba niacinamide lebih dulu

Baca Juga: Rieta Amilia Launching Produk Skincare, Keberadaan Raffi Ahmad Jadi Perdebatan: Enggak Datang?

Untuk menghindari iritasi, cobalah mengoleskan niacinamide terlebih dahulu. Ini bermanfaat untuk mengurangi kemerahan atau meningkatkan hidrasi kulit. Sehingga kulit dapat menoleransi retinol yang kuat.

Ilustrasi pelembap mengandung niacinamide (Freepik/freepik)Ilustrasi pelembap mengandung niacinamide (Freepik/freepik)

4. Jangan lupa oleskan sunscreen

Setiap kali menggunakan retinol pada malam hari, mengaplikasikan sunscreen keesokan paginya adalah hal wajib, terutama jika kamu akan terpapar sinar matahari langsung.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #tips #aman #pakai #retinol #niacinamide #secara #bersamaan #selamat #tinggal #iritasi

KOMENTAR