Rambut Menipis dan Rontok? Atasi dengan 5 Makanan Super Ini!
Ilustrasi rambut. (Pixabay)
09:09
21 Juli 2024

Rambut Menipis dan Rontok? Atasi dengan 5 Makanan Super Ini!

Rambut yang menipis bisa jadi dipengaruhi oleh apa yang kamu makan. Pasalnya rambut menipis dan rontok sering kali merupakan tanda bahwa folikel rambut tidak mendapatkan cukup nutrisi.

Untuk mengatasinya, mengonsumsi makanan seimbang yang sehat dan penuh nutrisi dapat memulihkan kesehatan rambut. Berikut beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk membuat rambut tetap sehat dan kuat, dirangkum dari laman Style Craze.

1. Wortel

Tak cuma bagus untuk mata, wortel ternyata juga bagus untuk kesehatan rambut. Wortel merupakan sumber beta-karoten, biotin, dan vitamin A, B-6, dan K. Ini membantu menghentikan rambut rontok dan meningkatkan kesehatan kulit kepala agar rambut lebih tebal dan panjang.

Baca Juga: Bukan Cuma Soal Lidah! Ini 5 Alasan Ilmiah Kenapa Kita Suka Makan Pedas

Ilustrasi daun bayam (Pixabay/Showmeyourflowers)Ilustrasi daun bayam (Pixabay/Showmeyourflowers)

2. Bayam

Bayam bersama dengan sayuran berdaun gelap lainnya merupakan sumber zat besi yang penting untuk mencegah rambut rontok. Sayuran ini juga merupakan sumber seng, vitamin, dan mineral penting lainnya yang penting untuk menjaga kesehatan rambut.

3. Ubi jalar

Ubi jalar, terutama yang berdaging oranye, merupakan sumber beta-karoten yang sangat baik. Beta-karoten diketahui dapat diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh, yang juga berfungsi untuk mencegah kerusakan rambut.

Ilustrasi potongan buah alpukat (Freepik/Jcomp)Ilustrasi potongan buah alpukat (Freepik/Jcomp)

4. Alpukat

Baca Juga: Bubur Tinutuan Khas Mando Masuk Daftar Makanan Terburuk Sedunia, Peringkat Berapa?

Alpukat efektif dalam meningkatkan regenerasi sel, pertumbuhan dan kepadatan rambut. Alpukat bila dioleskan langsung ke kulit kepala juga menambah kelembapan dan kilau pada helaian rambut sehingga rambut tidak mudah rontok dan patah.

5. Ikan

Lemak sehat dalam makanan kita membantu menjaga kilau alami dan elastisitas rambut kita. Ikan salmon merupakan salah satu sumber alami asam lemak omega-3 yang melumasi kelenjar minyak di sekitar folikel rambut kita, sehingga rambut menjadi lebih berkilau. Selain ikan salmon, ikan yang kaya akan omega-3 adalah ikan kembung dan tenggiri.

Editor: Yasinta Rahmawati

Tag:  #rambut #menipis #rontok #atasi #dengan #makanan #super

KOMENTAR