Sosok Meki Nawipa yang Menginspirasi, Dari Kokpit Pesawat Terbang ke Kursi Gubernur Papua Tengah
Profil Meki Nawipa: Dari Kokpit Pesawat Terbang ke Kursi Gubernur Papua Tengah (Dok.Istimewa)
20:34
1 Juli 2024

Sosok Meki Nawipa yang Menginspirasi, Dari Kokpit Pesawat Terbang ke Kursi Gubernur Papua Tengah

Sosok Meki Fritz Nawipa seorang pilot asal Papua kini jadi perbincangan publik. Pasalnya, putra terbaik Paniai itu akan maju jadi calon Gubernur Papua Tengah pada Pilkada November mendatang. Ini doa profil Meki Nawipa, calon gubernur Papua Tengah.

Bupati Paniai periode 2018-2023 tersebut akan maju sebagai calon gubernur dari PDI Perjuangan atau PDIP. Pria yang akrab disapa Mepa itu merupakan kader partai berlambang banteng bermoncong putih tersebut. Melalui wawancaranya, Meki Nawipa mengaku siap bertarung merebut kursi Gubernur Papua Tengah.

Profil Meki Nawipa, Calon Gubernur Papua Tengah

Meki Fritz Nawipa merupakan mantan Bupati Paniai, Provinsi Papua Tengah ke-4 masa jabatan 2018-2023. Meki lahir di Enarotali pada 5 Mei 1978. Ia menikah dengan Nurhaidah dan dikaruniai 5 orang anak bernama Alberth L. Awitaka Nawipa, Grace Prisekila Nawipa, Anne Gravila Nawipa, Israel Basalie Nawipa, dan Yohana Ruth Nawipa.

Meki Nawipa sendiri berasal dari pedalaman Papua. Ia merupakan anak pasangan Yahya Nawipa yang merupakan Guru Penginjil atau pegiat sekolah dan gereja yang ada di pedalaman Papua dengan Rurth Gobai seorang ibu rumah tangga. 

Baca Juga: Punya Bapak Angkat Genderuwo Hingga Klaim Ada Klien Artis: Ini Perjalanan Spiritual Ki Arjuna Samudra

Pria yang akrab disapa Mepa ini merupakan jebolan sekolah pilot di Misionaris Australia. Ia diangkat sebagai kapten pilot selama 15 tahun dan menerbangkan pesawat Perintis di pedalaman Papua.

Sejak kecil Mepa dikenal sebagai sosok yang pekerja keras, sopan dan disiplin. Ia memiliki cita-cita mengabdi kesesama masyarakat Papua hingga mengubah kehidupan masyarakat Papua.

Impiannya ini ia wujudkan saat menjadi pilot. Dimana Mepa melayani masyarakat khususnya masyarakat pedalaman Papua di daerah-daerah terpencil. Saat diangkat menjadi Bupati, Meki pun menjalaninya dengan sepenuh hati.

Dalam mencapai impiannya itu, Mepa harus menempuh perjalanan yang terjal. Meski berasal dari pedalaman Papua, ia mampu menyelesaikan pendidikannya hingga ke Australia.

"Mimpi ini tidak bisa terwujud begitu saja. Tetapi melalui sebuah perjuangan, melalui sebuah perencanaan," kata Meki Nawipa.

Baca Juga: Sosok Zhang Zhi Jie, Pebulutangkis Muda China yang Meninggal saat Berlaga di Pertandingan AJC 2024

"Selesai sekolah di kampung, pergi ke Jayapura, seterusnya ke Jakarta, dan seterusnya sekolah di Australia," kenang Meki.

Calon Gubenur Papua Tengah ini telah menempuh pendidikan di SD YPPGI Kebo 1 Paniai pada 1985-1990. Kemudian menempuh pendidikan menengah pertama di SMP Negeri Aradide pada 1990-1993. Selanjutnya ia menempuh sekolah menengah atas di SMA Negeri 5 Jayapura pada 1993-1996.

Meki Nawipa kemudian melanjutkan kuliah di luar negeri tepatnya di Bible Collage Of Victoria Melborne Australia pada 2001-2003. Setelah itu ia melanjutkan S2 di Universitas Cendrawasih di Jayapura Papua pada 2019-2023.

"Kembali dari Australia juga tidak semudah itu. Harus cari kerja dengan baik, menunjukkan kompetensi yang kuat dan mempunyai kemampuan di atas rata-rata. Saya diterima di maskapai penerbangan sampai menjadi kapten dan setelah itu melayani masyarakat di Papua mulai dari mengantar guru, mengantar hamba Tuhan, mengantar anak-anak sekolah," ungkapnya.

Pengalaman Meki Nawipa di dunia penerbangan telah berjalan selama bertahun-tahun. Meki tercatat menjadi pilot MAF Sentani pada tahun 2000-2001, Susi Air tahun 2005-2010, Alfa Trans tahum 2011-2014, Tariku Aviation tahun 2014-2018. Kemudian di tahun 2018 Meki dipercaya masyarakt Paniai jadi bupati Paniai.

Nah, itu tadi profil Meki Nawipa, calon gubernur Papua Tengah. Semoga bermanfaat!

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

Editor: Chyntia Sami Bhayangkara

Tag:  #sosok #meki #nawipa #yang #menginspirasi #dari #kokpit #pesawat #terbang #kursi #gubernur #papua #tengah

KOMENTAR