Kisah Mualaf Reza Rahadian Saat Remaja, Berawal dari Ucapan Sang Ibu yang Beragama Kristen
Prestasi Reza Rahardian di Dunia Perfilman (Instagram/@officialpilarez)
17:42
14 Juni 2024

Kisah Mualaf Reza Rahadian Saat Remaja, Berawal dari Ucapan Sang Ibu yang Beragama Kristen

Kisah hidup para artis yang menjadi mualaf menarik perhatian banyak masyarakat akhir-akhir ini. Pasalnya, setiap artis memiliki perjalanan spiritual yang berbeda-beda, termasuk aktor Reza Rahadian.

Aktor berbakat yang satu ini ternyata baru memeluk Islam pada usia 20 tahun.

“Saya peluk di usia 20 tahun, saya sebelumnya nasrani, iya (mualaf),” ucap Reza Rahadian dalam podcast yang diunggah kembali akun @cerita_viral2023.

Uniknya, pemicu ia menjadi mualaf adalah ibunya sendiri yang beragama Kristen. Ia mengaku, ibunya membebaskan anaknya memilih agama yang menurutnya cocok dengan keyakinannya saat sudah dewasa.

Baca Juga: Perjalanan Cristian Gonzales Jadi Mualaf dan Dinaturalisasi

“Ibu saya pernah bilang bahwa ‘Peluklah agama sesuai yang kamu yakini. Karena agama yang mama bawa untuk kamu sejak lahir itu adalah apa yang mama bawa untukmu sejak lahir, tapi kalau kamu merasa ada keyakinan memeluk agama berbeda suatu saat nanti sebagai seseorang dewasa, silakan’,’ ungkapnya.

Hal inilah yang kemudian membuatnya mencoba untuk memahami agama lain di luar yang dianutnya kala itu. Setelah mencoba mendalami berbagai agama, Reza akhirnya menemukan kalau Islam menjadi agama yang membuatnya merasa berbeda. Ia merasa Islam menjadi penyempurna pemikirannya mengenai sebuah kasih.

Meski tidak menjelaskan secara rinci alasan pastinya memilih Islam, pemain film Habibie & Ainun itu mengungkap kalau Islam membuatnya merasa damai.

“Nah dalam perjalan hidup, saya menemukan bahwa Islam itu agama yang damai, agama yang penuh cinta. Tentu semua agama mengajarkan tentang kasih, tapi dalam perspektif saya, Islam menyempurnakan itu, Islam menyempurnakan nilai cinta sebuah kasih, kedamaian, buat saya rasanya damai aja,” sambung Reza.

Ia juga mengaku salut dengan umat Islam yang harus beribadah 5 kali dalam sehari.. Meski terdengar cukup banyak, bagi Reza, salat sendiri tidak menghabiskan banyak waktu seperti yang dipikirkannya. Hal ini menjadi sesuatu yang luar biasa baginya

Baca Juga: Sempat Takut Izin Mualaf ke Orang Tua, Begini Perjuangan Christian Rontini Nikahi Anak Cristian Gonzales

“Saya ada satu hal ibadah 5 kali yang wajib dalam Islam, kalau saya berpikir gitu, luar biasa banget ya, sebenernya salat gak sampai 10 menit. Artinya kalau kita punya 5 waktu sehari itu hanya mengurangi bahkan 1 jam dari 24 jam,” katanya.

Reza juga merasa Islam menjadi agama yang memberikan banyak solusi. Ia mendapat banyak jawaban mengenai kehidupan dalam Islam.

Editor: Vania Rossa

Tag:  #kisah #mualaf #reza #rahadian #saat #remaja #berawal #dari #ucapan #sang #yang #beragama #kristen

KOMENTAR