Forum Indosarang Bikin Hansol Emosi, Minta Kedubes dan Polisi Bertindak: Semua Bilang Itu Website Sampah!
Jang Hansol pemilik Youtube Korea Reomit (instagram/hansoljang110) - Forum Indosarang Bikin Hansol Emosi, Minta Kedubes dan Polisi Bertindak: Semua Bilang Itu Website Sampah!
16:03
12 Juni 2024

Forum Indosarang Bikin Hansol Emosi, Minta Kedubes dan Polisi Bertindak: Semua Bilang Itu Website Sampah!

Viralnya postingan di forum Indosarang membuat Youtuber dan konten kreator Jang Hansol meradang. Ia bahkan menyebut situs online tersebut sebagai sampah.

Kemarahan ini disampaikan Hansol dalam sebuah video yang diunggah ke YouTube miliknya pada 11 Juni 2024. Awalnya, Hansol tidak mengira forum Indosarang memiliki unggahan yang menghina Indonesia.

"Aku kira Indosarang ini awalnya website komunitas biasa. Setelah aku tanya ke banyak orang Korea yang tinggal di Indonesia, orang-orang yang aku kenal. Ternyata Indosarang ini enggak bisa dibilang sebuah komunitas," kata Hansol.

"(Indosarang) sebuah website anonimus yang enggak buka nama dan bisa post apapun. Disitu semua orang dijelekkan. Bahkan aku pun sering dijelekkan disitu," imbuhnya.

Baca Juga: Klasemen Akhir Tim Lolos Babak Ketiga: Timnas Indonesia di Atas China dan Korea Utara!

Begitu mengetahui postingan-postingan yang merendahkan warga Indonesia di forum Indosarang, Hansol pun merasa malu. Apalagi dia adalah orang Korea yang sangat dikenal di Indonesia.

"Semua orang Korea yang tinggal di Indonesia yang normal pasti merasa sangat malu dengan postingan ini (di Indosarang)," ucap pemilik kanal YouTube Korea Reomit.

Suami dari Jeanette Ong ini bahkan menyebut Indosarang sebagai website sampah yang mengunggah hal-hal buruk.

"Jadi ini memang isinya sampah-sampah yang kumpul di situ. Ngeposting sampah. Menjelekkan orang lain dan dengan menjelekkan orang lain mungkin mereka merasa lebih baik dari orang-orang itu," ujarnya.

Ia menambahkan, "Aku tanya ke orang-orang Korea yang tinggal di Indonesia, semua bilang itu website sampah. Dan enggak ada yang mau pakai itu".

Baca Juga: Bukan Cuma Lovely Runner, 3 Drama Korea Ini Buktikan Kemampuan Akting Byeon Woo Seok yang Memukau!

Menurut Hansol, sebenarnya ada website komunitas orang Korea di Indonesia yang sering dipakai dan itu bernama Indoweb. Website tersebut dirasa lebih normal dan digunakan mayoritas orang Korea di Indonesia.

"Tapi kalau Indosarang itu kesannya orang-orang itu pada tahu tapi hampir enggak ada yang pakai. Kesannya kayak Onlyfans. Ya orang-orang tahu tapi aku enggak ikutan," kata Hansol menjelaskan.

Pria kelahiran Daegu ini melanjutkan, "Dan mereka bakal malu kalau ketahuan pakai Indosarang. Ini bukan website komunitas yang mewakili orang Korea di Indonesia".

Ikut Emosi

Meskpin sempat lama tinggal Indonesia, Hansol memilih tetap menjadi warga negara Korea Selatan. Namun ia merasa ikut emosi ketika ada yang menghina Indonesia.

Lantaran sejak kecil ia telah pindah dan tumbuh dewasa di Malang, Jawa Timur, Indonesia. Ikatan Hansol terhadap Indonesia sangat kuat. Selain memiliki kerabat yang masih tinggal di Indonesia, ia juga memiliki banyak teman-teman dari Indonesia.

"Karena aku tumbuh besar di Indonesia, teman-temanku orang Indonesia semua. Kalau misalkan ada orang menjelekkan Indonesia, aku merasa ikut dijelekkan juga," ungkapnya dalam video berdurasi 12 menit itu.

Jang Hansol bahkan meminta pihak berwajib seperti kepolisian dan Kedutaan Besar Korea Selatan dapat bertindak menangangi forum Indosarang yang meresahkan ini.

"Melihat ini, aku enggak bisa berkata-kata rek. Yang pasti, orang-orang normal enggak pakai Indosarang. Kalau bisa Kedubes Korea dan polisi Indonesia ataupun pihak-pihak yang bisa membantu itu untuk menangkap orang-orang yang menuliskan postingan di situ," pintanya.

Pria yang masih memiliki logat medok Jawa ini bahkan meminta identitas pemilik Indosarang dan akun pengguna yang menghina Indonesia untuk dibuka secara publik.

"Kalau misal ini orang bisa ditangkap dan menggunakan hukum yang ada di Indonesia, please buka identitas orangnya. Kalau misal di Korea, ini orang dihukum enggak bakal dibuka identitasnya," ujar Hansol.

Sebab, ia telah mencari info ke sesama orang Korea namun tidak ada yang tahu siapa yang membuka forum Indosarang ini.

Hansol pun telah mencoba menghubungi salah satu karyawan Kedubes Korea Setalan di Indonesia. Namun ia belum mendapat informasi tambahan seputar hebohnya forum Indosarang berdasarkan otoritasnya.

Perlu diketahui, Indosarang merupakan forum di internet yang digunakan oleh orang-orang Korea yang tinggal dan bekerja di Indonesia. Situs ini bisa diakses secara bebas menggunakan bahasa Korea.

Forum Indosarang berisi mengenai banyak hal yang tujuannya untuk membuat orang-orang Korea lebih mengerti tentang Indonesia. Namun sejumlah komentar di forum ini justru menggunakan bahasa yang kasar serta merendahkan orang Indonesia.

Komentar-komentar ini bahkan menyinggung agama dan perempuan asli Indonesia. Forum Indosarang mendadak menjadi viral usai komentar-komentar rasis tersebut dibaca oleh warganet Indonesia.

Pasca heboh dan viral, pemiliki forum Indosarang menyampaikan permintaan maaf kepada anggota forum yang menuliskan kalimat dan komentar negatif.

"Halo, sebagai pemilik situs, saya menyadari bahwa beberapa tulisan yang tidak baik diterjemahkan dan tersebar di luar situs kami," tulis pemilik forum Indosarang.

Editor: Rifan Aditya

Tag:  #forum #indosarang #bikin #hansol #emosi #minta #kedubes #polisi #bertindak #semua #bilang #website #sampah

KOMENTAR